Tips Menjaga Produktivitas saat Bekerja dari Rumah

    Gervin Nathaniel Purba - 20 April 2020 08:00 WIB
    Tips Menjaga Produktivitas saat Bekerja dari Rumah
    Untuk menjaga produktivitas selama bekerja dari rumah, pastikan Anda memiliki Aruba, mitra Hypernet sebagai solusi kebutuhan jaringan ke kantor dari rumah (Foto:Dok.Hypernet)
    Jakarta: Wabah virus korona Covid-19 mengubah gaya hidup sebagian masyarakat. Salah satunya, pola bekerja. Saat ini, hampir setiap orang menerapkan pola bekerja dari rumah (work from home/WFH) untuk memutus penularan virus korona.

    Meskipun bekerja dari rumah terlihat lebih menyenangkan, tetap saja ada gangguan yang dapat menghambat produktivitas. Misalnya, jaringan internet, gangguan dari anak atau anggota keluarga lainnya, dan fokus teralihkan untuk melakukan kegiatan lain.

    Untuk menjaga produktivitas tetap stabil selama menjalani masa bekerja dari rumah, ikuti tips berikut ini.


    1. Perencanaan Matang


    Catat aktivitas yang akan dikerjakan esok. Dengan perencanaan yang matang, Anda tahu mana yang layak masuk skala prioritas. Jangan lewatkan absen pagi melalui video conference dengan atasan sambil membahas agenda pekerjaan hari ini.


    2. Ruang Kerja Khusus yang Nyaman


    Mungkin selama ini tidak terpikirkan. Dengan situasi seperti sekarang, menyediakan sebuah ruang kerja khusus di rumah menjadi hal yang penting agar kerja menjadi fokus. Ruang kerja khusus dapat membantu seseorang terbebas dari gangguan normal kehidupan rumah. 


    3. Berpenampilan Rapi


    Jangan disepelekan. Tetap berpenampilan rapi dengan tidak mandi kesiangan dan tidak menggunakan baju tidur, secara psikologis dapat meningkatkan semangat bekerja.

    Berdandan diri juga menyehatkan mental, karena membuat seseorang menjadi lebih fokus dan percaya diri, terutama ketika sedang video conference dengan rekan kerja maupun klien.


    4. Bangkitkan Motivasi


    Motivasi bekerja dapat dibangun melalui video conference antara pimpinan dengan anak buahnya. Cara ini dapat memberikan dukungan emosional kepada karyawan.


    5. Disiplin Waktu 


    Bekerja dari rumah membutuhkan kedisiplinan dalam mengatur waktu. Atur waktu antara durasi bekerja, beristirahat, dan berinteraksi dengan anggota keluarga.


    6. Komunikasi dengan Rekan Kerja


    Untuk mengurasi kesepian, berkomunikasi dengan rekan kerja menjadi penting menggunakan aplikasi video conference. Berkomunikasi tentang pekerjaan akan membantu Anda tetap produktif. Mengobrol dengan kolega tentang hal-hal lain juga dapat dilakukan agar Anda merasa lebih seperti bagian dari tim, bukan hanya bekerja sendiri.


    7. Alat Teknologi Penunjang


    Salah satu cara agar bekerja jarak jauh berjalan lancar ialah dengan menyiapkan penunjang alat teknologi agar tetap terhubung dan produktif. Pastikan juga semua alat teknologi seperti komputer/laptop, printer, dan mesin fax dalam keadaan prima.

    Gunakan alat teknologi yang bisa memperkuat jaringan sinyal untuk mengakses file di kantor. Kemampuan memperkuat akses jaringan tersebut bisa menggunakan salah satu produk Remote Access Point ternama, Aruba.

    Tips Menjaga Produktivitas saat Bekerja dari Rumah 

    Aruba merupakan solusi kebutuhan konektivitas remote yang membutuhkan akses ke sumber daya internal kantor. Aruba menjadi solusi tetap produktif bekerja di mana pun.

    Aruba merupakan mitra Hypernet sebagai solusi kebutuhan jaringan ke kantor dari rumah. Aruba memiliki dua seri produk unggulan untuk menunjang produktivitas Anda di rumah, yakni Aruba AP 303h, dan Aruba AP 203R. 

    Keduanya menawarkan beragam keunggulan, yakni akses universal dengan kontrol terpusat, keamanan kabel dan nirkabel, mudah dan nyaman tanpa aplikasi tambahan. Juga pengelolaan, regulasi, dan laporan dalam sistem.

    Aruba 303H sangat ideal untuk hotel, klinik medis, bidang pendidikan, kantor cabang, dan stasiun kerja yang sering membutuhkan opsi penempatan yang fleksibel dan mudah. 

    Sementara, Aruba AP 203R menawarkan pengalaman WiFi berkualitas tinggi yang sama baiknya dengan jaringan di kantor. 

    Tak perlu bingung untuk menggunakannya. Sebab, Aruba menawarkan instalasi yang gampang dengan sistem plug and play. Pelajari lebih lanjut tentang Aruba di sini. Dengan menggunakan Aruba, #bekerjadirumahaja rasa #dikantor.

    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id