Pengguna Windows 7 Mengeluh PC tak Bisa Dimatikan

    Cahyandaru Kuncorojati - 10 Februari 2020 10:17 WIB
    Pengguna Windows 7 Mengeluh PC tak Bisa Dimatikan
    Ilustrasi.
    Jakarta: Pengguna komputer maupun laptop yang masih menggunakan sistem operasi Windows 7  mendapatkan masalah baru. Dilaporkan bahwa ada bug di sistem operasi ini yang membuat perangkat tidak bisa dimatikan.

    Laporan bug ini pertama kali dikeluhkan oleh sebagian pengguna Windows 7 di forum internet. Mereka melaporkan bahwa muncul notifikasi yang tidak mengizinkan mereka mematikan atau melakukan reboot perangkatnya.

    Dikutip dari Engadget, penggunanya akan menerima notifikasi "you don't have permission to shut down this computer" atau yang artinya sistem tidak bisa melakukan proses shut down. Pihak Microsoft diklaim sudah menerima laporan ini.

    Microsoft masih dalam tahap investigasi. Belum ada jawaban menyenai penyebab bug ini, apakah karena sistem operasi atau kesalahan di pengguna. Sebagian pengguna mengaku sudah mengatasi bug ini dengan langkah tidak dianjurkan.

    Jadi sebagian pengguna menjalakan fitur Group Policy Editor dari bagian command line untuk memaksakan sistem memberikan izin mematikan perangkat. Meskipun begitu langkah ini termasuk sulit bagi kebanyakan pengguna.

    Beberapa pengguna mengklaim berhasil setelah mereka menonaktifkan fitur update dari software Adobe. Tidak diketahui apakah masalah ini berasal dari software Adobe atau bukan.

    Dikutip dari Bleeping Computer, Microsoft sudah melakuakn investigasi mendalam meskipun sistem operasi ini sudah tidak menerima dukungan penuh dari mereka.

    Pada 14 Januari 2020, Microsoft resmi menghentikan dukungan Windows 7. Namun akhirnya diberikan perpanjangan dukungan dengan model berbayar yang harga akan terus naik setiap tahun. Hal ini dilakukan demi menjaga perangkat dari celah keamanan.

    Perangkat di kalangan pemerintahan disebut menjadi yang paling banyak bertahan di Windows 7. Sebagian antivirus telah menyatakan akan memberikan dukungan gratis hingga dua tahun ke depan.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id