Tips & Trik

    Perhatikan Faktor ini untuk Bedakan Smartphone Ori dan HDC

    Lufthi Anggraeni - 31 Juli 2020 10:06 WIB
    Perhatikan Faktor ini untuk Bedakan Smartphone Ori dan HDC
    Berikut faktor yang perlu diperhatikan untuk membedakan smartphone replika dan orisinal.
    Jakarta: Keberadaan perangkat replika mungkin bukan hal baru di pasar dunia, termasuk di ranah teknologi. Hingga saat ini, masih terdapat banyak pihak yang memanfaatkan popularitas perangkat populer untuk mengambil keuntungan dengan cara tidak tepat.

    Sebagai konsumen, masyarakat diimbau untuk lebih teliti dan lebih jeli dalam memperhatikan dan memeriksa perangkat sebelum memutuskan untuk membelinya. Sebab umumnya, perangkat replika, terutama smartphone hadir dengan desain bodi dan software serupa.

    Berikut sejumlah faktor yang perlu Anda perhatikan untuk membedakan smartphone replika atau kerap disebut masyarakat dengan istilah smartphone HDC, dengan smartphone asli karya produsen.
     

    1. Harga

    Jika menemukan ponsel yang ditawarkan dengan harga jauh di bawah harga ponsel yang dapat ditemukan di berbagai media resmi, terutama ponsel keluaran terbaru, maka ponsel ini patut dicurigai sebagai ponsel HDC.
     

    2. Spesifikasi

    Umumnya, fitur dan spesifikasi yang diusung oleh iPhone HDC hanya mirip dan tidak benar-benar sama jika dibandingkan dengan smartphone orisinal.

    Salah satunya kemampuan screenshot pada iPhone yang umumnya berbeda dengan cara melakukan screenshot di perangkat Android. Usungan spesifikasi berbeda juga menyebabkan performa smartphone HDC tidak sebaik ponsel orisinal.
     

    3. Material

    Membedakan ponsel HDC dengan ponsel orisinal juga dapat dilakukan dengan memperhatikan bahan yang digunakan pada bodi perangkat. Ponsel HDC umumnya menggunakan bahan bodi yang tidak sebaik ponsel aslinya, seperti plastik, sedangkan versi asli menggunakan bahan metal.
     

    4. Imei

    Setiap ponsel cerdas dan perangkat komunikasi elektronik selalu memiliki rangkaian nomor identifikasi atau dikenal dengan istilah IMEI. Karenanya, konsumen perlu memeriksa nomor IMEI dari ponsel untuk mengetahui keasliannya.

    Nomor IMEI ini juga terkait dengan garansi perangkat, dan Anda dapat memeriksa legalitas IMEI dengan cara ini.

    Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk memberantas peredaran ponsel ilegal, salah satunya menghadirkan regulasi IMEI. Namun, tidak ada salahnya bagi Anda untuk lebih berhati-hati guna menghindari menjadi korban dari tindakan merugikan yang dilakukan pihak bertanggungjawab ini.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id