Huawei Buat PC dengan Dukungan Chipset Mandiri

    Lufthi Anggraeni - 23 November 2020 14:38 WIB
    Huawei Buat PC dengan Dukungan Chipset Mandiri
    Huawei juga mengembangkan komputer desktop dengan dukungan chipset karyanya, MateStudio B514.
    Jakarta: Apple bukan satu-satunya perusahaan teknologi yang mengembangkan komputer yang didukung chipset karyanya. Informasi yang beredar menyebut Huawei turut mengikuti jejak langkah perusahaan teknologi asal Amerika Serikat tersebut.

    Mengutip GSM Arena, upaya Huawei ini merupakan bagian dari proyek lebih besar di Tiongkok menghentikan ketergantungannya dengan teknologi karya perusahaan asal negara Barat. Selain itu, informasi detail dan foto dari MateStation B515 juga beredar.

    MateStation B515 merupakan komputer desktop yang pertama kali akan ditawarkan kepada pemerintah dan perusahaan, sebelum tersedia untuk masyarakat lebih luas. Dengan demikian, perangkat ini diperkirakan sebagai perangkat dengan performa tinggi.

    Menariknya, Huawei MateStation B515 didukung chipset ARM yaitu Kunpeng 920 (D920S10). Chipset ini dikembangkan oleh HiSilicon dan difabrikasi oleh TSMC dengan proses 7nm. Prosesor ini digunakan pada MateStation akan berbekal empat atau delapan core berkecepatan clock 2,6GHz.

    Sebagai informasi, model chipset Kunpeng 920 varian tertinggi berbekal 64 core dan TDP 180W, namun perangkat ini akan digunakan untuk proyek lain. Berbeda dengan Apple, Huawei menggunakan komponen standar untuk spesifikasi lain dari komputer ini.

    Huawei MateStation B515 berbekal empat slot UDIMM mendukung RAM DDR4-2400 hingga 64GB, dan dapat dihubungkan dengan drive hingga enam SATA 3.0 untuk kapasitas ruang penyimpanan lebih besar, serta dua SSD M.2.

    Hal ini menjadikan Huawei MateStation B515 lebih fleksibel jika dibandingkan dengan Apple Mac dengan chipset M1. Huawei mendukung perangkat ini dengan GPU AMD R7 Radeon 430, dan dapat ditambahkan sebab motherboard memiliki beberapa slot PCIe 3.0, satu x16, satu x4 dan satu x1.

    Selain itu juga tersedia empat port USB 3.0 dan empat port USB 2.0, serta dua NIC untuk Ethernet gigabit. Huawei MateStation B515 akan hadir dengan monitor berukuran 23,8 inci, beresolusi 1080p, cakupan warna NTSC 72 persen, rasio kontras 1.000:1, dan sudut pandang 178 derajat.

    Komputer ini ditempatkan di sasis berbahan metal delapan liter berukuran ringkas. Salah satu konfigurasi yang tertangkap kamera adalah CPU 8-core, RAM 8GB, SSD 256GB, satu drive DVD, GPU R7 430, dan charger berdaya 180W.

    Namun hingga saat ini, belum tersedia informasi menyoal harga perangkat ini mengingat akan ditawarkan untuk pemesan dalam jumlah besar terlebih dahulu. Selain itu, belum tersedia informasi menyoal sistem operasi yang digunakan oleh Huawei MateStation B515 ini, meski diperkirakan menggunakan sistem operasi Linux.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id