Atom Baru Temuan IBM Bisa Simpan Data

    Riandanu Madi Utomo - 09 Maret 2017 13:40 WIB
    Atom Baru Temuan IBM Bisa Simpan Data
    Ilmuwan IBM temukan atom yang bisa digunakan untuk menyimpan data
    medcom.id: Para peneliti dari IBM baru saja mengumumkan penemuan terbarunya, yaitu sistem penyimpanan data dalam skala atom.

    Menurut Engadget, ilmuwan IBM berhasil membuat sebuah magnet dengan ukuran atom. Magnet tersebut bisa diposisikan secara khusus dan merepresentasikan bilangan biner yang digunakan sebagai dasar perhitungan di komputer.

    Untuk membuat atom khusus tersebut, ilmuwan IBM memanfaatkan atom dari holmium yang ditempatkan di atas magnesium oksida. Penempatan tersebut membuat kutub magnetis atom menjadi stabil, bahkan ketika didekatkan dengan magnet.

    Yang menarik adalah atom tersebut bisa diposisikan sehingga memiliki orientasi tertentu. Dari situ, posisi atom bisa menentukan nilai 1 dan 0 yang mewakili bilangan biner.

    Temuan ini merupakan inovasi yang cukup penting mengingat produksi data semakin naik secara eksponensial dari tahun ke tahun. Kelebihan media penyimpanan yang menggunakan teknologi atom adalah ukurannya akan lebih ramping sehingga bisa menyimpan lebih banyak data.



    Sebagai acuan, hard disk saat ini memerlukan sekitar 100 ribu atom untuk menyimpan satu bit data. Sementara teknologi penyimpanan atom ini bisa menyimpan satu bit di satu atom. Diharapkan temuan ini bisa membuat kapasitas hard disk menjadi jauh lebih besar.

    Tentu saja Anda tidak bisa mengharapkan media penyimpanan yang menggunakan teknologi atom ini bisa hadir dalam waktu dekat. Saat ini, ilmuwan masih meneliti bagaimana temuan kali ini bisa dihadirkan sebagai produk komersil ke depannya.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id