Apple Kembangkan Headset AR/VR Resolusi 8K?

    Ellavie Ichlasa Amalia - 30 April 2018 11:21 WIB
    Apple Kembangkan Headset AR/VR Resolusi 8K?
    Apple mungkin akan membuat headset AR/VR. (AFP PHOTO / JIM YOUNG)
    Jakarta: Apple tengah mengembangkan headset AR/VR yang mungkin akan diluncurkan paling cepat pada 2020, mengutip orang yang tahu tentang rencana Apple. Dikabarkan, headset ini memiliki nama kode "T288" dan akan menggunakan prosesor buatan Apple. 

    Dikabarkan, T288 milik Apple akan mendukung konten AR dan VR. Satu hal yang menarik adalah resolusi pada headset ini. Dikabarkan, headset buatan Apple ini akan memiliki resolusi 8K per mata.

    Jika benar, ini akan membuat headset tersebut mengalahkan dua headset terbaik saat ini, yaitu headset buatan Oculus dan HTC. Sebagai perbandingan, baik Oculus Rift dan HTC Vive hanya memiliki resolusi 1080 x 1200 per mata.

    Jika Apple memang bisa membuat headset dengan resolusi yang sangat tinggi, mereka akan memecahkan masalah yang kini ada saat menggunakan headset AR/VR, seperti gambar yang mengabur saat bergerak. 

    Tidak hanya itu, headset ini juga tidak akan memiliki kabel. CNET menyebutkan, Apple tengah mengembangkan protokol nirkbale kecepatan tinggi 60GHz WiGig yang dapat mentransfer data dengan cepat.

    Memang, sekarang, salah satu hal yang paling mengganggu dari headset VR premium adalah keberadaan kabel. Kemungkinan, Apple akan menggunakan chip 5 nanometer pada headset ini. Sebagai perbandingan, iPhone X menggunakan prosesor 10 nanomenter.

    Perusahaan asal Cupertino itu telah membuat prosesornya sendiri sejak lama, dimulai dengan chip A4 untuk iPad pada 2010. Karena itu, tidak heran jika Apple ingin menanamkan prosesor buatannya sendiri pada headset AR/VR mereka. 

    Namun, semua usaha Apple akan sia-sia jika konsumen tidak peduli. Sejauh ini, masyarakat tidak terlalu peduli dengan keberadaan teknologi AR atau VR, meski ada beberapa game AR yang sangat populer, seperti Pokemon Go. 



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id