Pemuda Ini Beli PlayStation 4 Pakai Harga Timbangan Sayur

    Cahyandaru Kuncorojati - 01 Februari 2019 11:39 WIB
    Pemuda Ini Beli PlayStation 4 Pakai Harga Timbangan Sayur
    Ilustrasi mesin kasir mandiri atau self service.
    Jakarta: Seorang pemuda usia 19 tahun beberapa hari lalu ketahuan melakukan penipuan di supermarket yang menggunakan kasir mandiri. Konsumen memindai barcode label harga belanja tanpa bantuan kasir.

    Dilaporkan bahwa pemuda tersebut berhasil membeli satu unit PlayStation 4 dengan harga senilai USD9,29 atau sekitar Rp129 ribu. Harga tersebut sangat tidak sesuai dengan harga PlayStation 4 yang dipatok mulai dari kisaran Rp4 juta.

    Namun, akhirnya pihak pengelola supermarket di kawasan Montbeliard, Perancis, berhasil memergoksi aksi penipuan kedua kali. Ternyata keesokan harinya pelaku ingin melakukan tindakan yang sama. Di sini, pihak pengelola mengetahui metode yang digunakan.

    Dari pantauan CCTV supermarket diperlihatkan bahwa pelaku mengambil PlayStation 4 dari rak penjualan kemudian diam-diam membawanya ke mesin timbangan sayur. Seperti yang diketahui bahwa mesin timbangan sayur akan mencetak label harga sesuai dengan bobot sayur yang ditimbang.

    Di sini pelaku menggunakan label harga dari mesin timbangan sayur untuk melakukan pembayaran PlayStation 4 tersebut di kasir jenis self checkout.

    Mengingat bobot PlayStation 4 hanya 2,8kg, tidak heran apabila pelaku bisa membeli konsol ini dengan harga sangat murah. Kemungkinan besar pihak pengelola supermarket telat menyadarinya sehingga pelaku berhasil melakukan aksi pertamanya.

    Dikutip dari Mirror, pelaku saat ini mendapatkan kurungan sementara selama delapan bulan sambil menunggu proses persidangan. PlayStation 4 hasil aksi pertamanya disebut sudah dijual dengan harga USD100 atau sekitar Rp1,3 juta.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id