comscore

Kartu Grafis Murah Baru, GeForce GTX 1630 4GB

Cahyandaru Kuncorojati - 27 Juni 2022 08:18 WIB
Kartu Grafis Murah Baru, GeForce GTX 1630 4GB
Ilustrasi.
Jakarta: Nvidia sempat dikabarkan akan merilis kartu grafis terbaru dari GeForce RTX 40 Series namun kini beredar rumor lain berbeda yang tampaknya sebagai langkah Nvidia memenuhi kebutuhan kartu grafis di harga terjangkau.

Nvidia disebut akan merilis kartu grafis baru dari seri GeForce GTX 16 Series yaitu Nvidia GeForce GTX 1630 4GB. Melihat seri dan spesifikasi VRAM tersebut bisa langsung terlihat bahwa kartu grafis ini ditujukan untuk segmen entry level.
Dikutip dari WCCF Tech, Nvidia GeForce GTX 1630 sempat disebutkana diperkenalkan pada 15 Juni 2022 namun mundur menjadi 28 Juni. Kabar ini pertama kali diketahui dari Tiongkok dan disebutkan merek bernama Colorful akan menjadi salah satu merek yang pertama kali mengirimkan ke ritel.

Harga dari kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1630 juga ikut beredar, dikabarkan harganya di kisaran CNY1.000 atau senilai Rp2,2 juta. Harga ini disebut lebih murah dari kartu grafis Intel Arc A380, meskipun dari segi performa diklaim produk Intel tersebut masih lebih mumpuni.

Nvidia GeForce GTX 1630 disebut menggunakan GPU TU117 dengan 512 CUDA core, yang artinya lebih rendah dari Nvidia GeForce GTX 1650. Memory bandwidth yang dimiliki diklaim mencapai 96GBps, kemampuan ini diklaim masih lebih rendah dari Nvidia GeForce GTX 1050 Ti yang dirilis enam tahun lalu.

Meskipun demikian Nvidia GeForce GTX 1630 sudah mengandalkan VRAM GDDR6. Kehadiran kartu grafis ini agak terlambat di saat pasar kartu grafis kini tidak lagi langka karena dipenuhi barang bekas mining seiring ambruknya nilai aset kriptop seperti Bitcoin dan Ethereum.

Saat ini di sejumlah ecommerce misalnya eBay sudah banyak dijumpai kartu grafis bekas yang harganya dipatok jauh di bawah harga ritel resmi alias sangat murah.
 
Contohnya, kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3090 ditemukan dijual pada harga dibawah USD1000 atau kisaran Rp14,8 juta padahal harga ritel (MSRP) saat diluncurkan ke pasar adalah USD1499 alias senilai Rp22,2 juta.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id