Ini Aplikasi Android untuk Belajar dari Rumah

    Cahyandaru Kuncorojati - 26 Oktober 2020 08:36 WIB
    Ini Aplikasi Android untuk Belajar dari Rumah
    Samsung Galaxy A01 Core.
    Jakarta: Memasuki bulan Oktober banyak dari siswa yang mulai terbiasa sekolah atau belajar dari rumah berbekal koneksi internet yang dibantu kuota gratis pemerintah dan operator seluler serta perangkat smartphone.

    Tidak cuma siswa tapi orang tua juga mulai terbiasa untuk memandu anaknya belajar dari rumah. Misalnya, mulai mengerti cara menggunakan aplikasi yang biasa digunakan untuk pembelajaran jarak jauh.

    Ada beberapa aplikasi yang populer digunakan untuk kegiatan ini karena mudah digunakan dan dipasang ke smartphone. Berikut ini adalah aplikasi yang biasa atau populer diguanakan.

    1. Zoom
    Zoom adalah aplikasi konferensi video yang populer karena menyediakan layanan gratis dengan tampilan yang mudah digunakan. Zoom juga bisa digunakan tidak cuma lewat aplikasi juga di browser smartphone sehingga lebih ringan

    2. Google Classroom
    Aplikasi ini populer karena banyak digunakan guru atau sekolah. Di sini tersedia fitur seperti kelas fisik di mana guru bisa mengabses kehadiran siswa, memberikan tugas dan mengumpulkannya, dan lain-lain

    3. WhatsApp
    Aplikasi percakapan WhatsApp sudah tidak asing. WhatsApp memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah digunakan sekaligus ringan di smartphone. Di sini siswa bisa bergabung dalam grup percakapan kelas yang berisi teman-temannya serta wali kelas.

    4. Microsoft Teams
    Aplikasi ini juga beralih fungsi untuk bisa memfasilitas kegiatan belajar sekolah sejak masa pandemi. Awalnya Microsoft Teams lebih banyak digunakan kalangaan bisnis. Microsoft Teams juga hadir dalam versi web, jadi tidak perlu menggunakan aplikasi agar lebih ringan.

    5. Ruangguru
    Platform belajar online ini bisa menjadi pilihan untuk materi belajar tambahan yang bisa dipilih untuk menjadi pendamping materi dari sekolah.

    Melihat jenis aplikasi yang digunakan untuk belajar dari rumah semua termasuk dalam aplikasi ringan maka smartphone yang digunakan tidak perlu yang harus memiliki spesifikasi tinggi apalagi sampai dengan harga yang mahal.

    Melihat kondisi perekomian saat ini mungkin banyak dari orang tua yang harus menghadapi masalah finansial tapi tetap ingin anaknya bisa belajar jarak jauh sekalipun tidak memiliki komputer atau laptop.

    Adanya kebutuhan ini membuat Samsung berinovasi dengan menghadirkan Samsung Galaxy A01 Core yang dibanderol hanya Rp1.099.000. Perangkat terjangkau ini hadir dengan kualitas produk Samsung yang awet dan spesifikasi mumpuni untuk belajar jarak jauh.

    Tersedia RAM 1GB dan memori internal 16GB yang bisa ditambah MicroSD sehingga sudah sangat cukup untuk memasang semua aplikasi pembelajaran jarak jauh. Kemudian kamera belakang 8MP dan depan 5MP sangat pas untuk kebutuhan memfoto tugas dan tatap muka di aplikasi konferensi video.

    Samsung Galaxy A01 Core juga memiliki layar yang sudah lega untuk siswa dengan ukuran 5,3 inci. Baterainya yang berkapasitas 3.000 mAh, bisa bertahan lama sesuai durasi kegiatan pembelajaran jarak jauh.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id