Apa yang Dicari Netizen Indonesia Sepanjang Pandemi Covid-19 di Google?

    Cahyandaru Kuncorojati - 02 Maret 2021 13:53 WIB
    Apa yang Dicari Netizen Indonesia Sepanjang Pandemi Covid-19 di Google?
    Ilustrasi.



    Jakarta: Pandemi Covid-19 di Indonesia sudah genap berlangsung satu tahun jika dilihat berdasarkan pengumuman kasus perdana di Tanah Air oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Maret 2020 didampingi Menteri Kesehatan yang saat itu dijabat oleh Terawan Agus Putranto.

    Pandemi berdampak ke berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia termasuk dari cara mereka menggunakan internet. Hal ini terungkap dari layanan Google Trends yang menjaring kueri atau kata kunci pencarian di layanan Google.






    Google menggunakan data Google Trends yang mencerminkan penelusuran yang dilakukan orang-orang di mesin pencari pada setiap harinya. Di sini bisa diperoleh gambaran kegiatan pengguna internet di mesin pencarian Google.

    Data Editor Google News Lab, Simon Rogers sempat membagikan data global dari Google Trends beberapa waktu lalu yang menampilkan informasi menarik mengenai sesuatu yang dicari oleh pengguna internet di seluruh dunia lewat Google selama pandemi Covid-19.

    "Pencarian Coronavirus melonjak sejak 2020 dan menjadi yang paling banyak dicari hampir di seluruh dunia, Banyak orang lapar ingin mengetahui informasi yang bisa dipercaya," ujarnya.

    Data yang disajikan berdasarkan Google Trends pada 1 Januari 2020 hingga 31 Januari 2021. Tidak cuma data global di sini juga disajikan data atau fakta mengenai aktivitas pencarian di Google oleh masyarakat Indonesia selama pandemi Covid-19.

    Indonesia menjadi negara kesembilan menurut Google yang banyak melakukan penelusuran informasi dengan query atau kata kunci "masker". Hal ini berkaitan dengan jenis masker yang boleh wajib digunakan serta fenomena masker yang langka serta harganya tidak normal.

    Pengguna internet di Indonesia juga banyak melaukan googling atau mengajukan pertanyaan di pencarian Google. Tidak kurang ada tujuh jenis pertanyaan yang banyak diajukan pengguna internet di Indonesia kepada Google.

    Pertama adalah "apa itu virus corona?" kemudian "kapan corona berakhir?" yang menunjukan masyarakat Indonesia sangat membutuhkan informasi mengenai pandemi ini berharap kondisi segera pulih.

    Masyarakat Indonesia juga memiliki kesadaran tinggi untuk menjaga kesehatan dan keselamatan dari virus Covid-19. Hal ini terlihat dari pertanyaan seperti "cara mencegah virus corona", "cara penyebaran virus corona", dan "apa gejala virus corona?".

    Pada akhirnya masyarakat Indonesia ingin mengetahui lebih dalam mengenai virus ini dengan mengajukan pertanyaan lebih mendalam seperti "apa penyebab virus corona" dan "bagaimana awal penyebaran virus corona?".

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id