Waspada! Puluhan Ribu MacBook Disusupi Malware Misterius

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 23 Februari 2021 10:26 WIB
    Waspada! Puluhan Ribu MacBook Disusupi Malware Misterius
    Waspada, Puluhan Ribu MacBook Disusupi Malware Misterius
    Jakarta: Banyak yang beranggapan bahwa produk Apple terbebas dari serangan virus. Namun, stereotip itu tidak seratus persen benar.

    Terbaru, peneliti keamanan Red Canary dan Malwarebytes menemukan perangkat Apple MacBook disusupi virus malware (malicious software). Hasil penelitian menunjukkan  29 ribu MacBook diserang malware yang mereka beri nama ‘Silver Sparrow’.

    Temuan mereka menunjukkan malware ini bergerak dengan sangat misterius. Pasalnya, para peneliti keamanan itu tak menemukan adanya data yang dikirim oleh malware ini saat menghubungi server kontrolnya.

    Menurut para peneliti, malware ini baru beraksi jika syarat-syaratnya sudah terpenuhi. Tidak sampai di situ, ternyata Silver Sparrow juga punya mekanisme untuk menghancurkan diri sendiri. Meski belum jelas apa yang menjadi pemicu mode itu aktif.

    "Kode biner malicious masih misterius, karena ini menggunakan Installer JavaScript macOS untuk mengeksekusi perintahnya. Hal tersebut menyulitkan analisis konten yang ada di paket instalasinya, atau bagaimana paket tersebut menggunakan perintah JavaScript," tulis Red Canary dalam laporannya yang dikutip Medcom.id, Selasa, 23 Februari 2021.

    Dalam laporan tersebut dijelaskan lebih detail bahwa malware ini tidak hanya menargetkan Intel, tetapi juga Mac yang lebih baru seperti chip M1 milik Apple. Silver Sparrow dapat berjalan secara native di Mac M1, yang punya arsitektur chip berbeda dengan Mac dengan prosesor Intel.

    Silver Sparrow adalah malware kedua yang berhasil menyerang Mac M1. Setelah sebelumnya sempat ditemukan sebuah malware menyerang Mac anyar tersebut, yang uniknya, sama-sama belum jelas apa fungsi utamanya.

    Silver Sparrow ini sudah ditemukan di 153 negara dan paling banyak di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Prancis, dan Jerman.

     

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id