Layanan Google Kembali Lumpuh di Indonesia?

    Lufthi Anggraeni - 07 Oktober 2020 16:08 WIB
    Layanan Google Kembali Lumpuh di Indonesia?
    Sejumlah pengguna Twitter mengeluhkan kesulitan mengakses sejumlah layanan Google.
    Jakarta: Sejumlah layanan Google, dari Gmail, YouTube, Google Translate, Google Meet, Google Classroom hingga Google Search dilaporkan kembali mengalami kelumpuhan pada hari Rabu ini. Informasi ini disampaikan sejumlah pengguna Indonesia via jejaring sosial Twitter.

    Sejumlah pengguna mengeluhkan mereka tidak dapat mengakses layanan Google ini sekitar pukul 11.30 WIB hingga 12.00 WIB. Beberapa pengguna menyebut mereka kesulitan untuk mengakses layanan Google ini, dan membutuhkan waktu pemuatan atau loading lebih lama saat diakses.

    Keluhan ini juga disampaikan pengguna Google di Indonesia kepada situs Down Detector, yang kemudian ditanggapi oleh situs tersebut melalui akun Twitter miliknya. Tidak hanya layanan Google Classroom, Down Detector juga melaporkan kesulitan yang dialami pengguna saat mengakses YouTube.

    Laporan terkait YouTube tersebut disampaikan pada pukul 11.46 WIB, namun layanan Google ini telah dapat diakses pada pukul 12.27 WIB. Google membantah laporan terkait permasalahan pada layanan miliknya tersebut, dan mengklaim seluruh layanan terpantau aman berdasarkan situs dashboard layanannya.
     
    Sebagai informasi, permasalahan ini terjadi setelah Google mengganti ikon sejumlah layanannya, yaitu Gmail, Calendar, Drive, Docs dan Meet. Ikon lima layanan ini hadir dengan gambar seperti pendahulunya, namun dengan usungan lima warna ikonik Google.

    Khusus untuk Gmail, ikon baru pada layanan Google ini tidak lagi menampilkan logo amplop melainkan huruf M, yang sekilas menyerupai bagian tepi ikon amplop terdahulu, namun dengan warna biru, merah, kuning dan hijau khas Google.

    Awalnya, Google mempertimbangkan untuk mengganti ikon dengan huruf M secara keseluruhan atau menghilangkan warna mera khas Gmail. Namun riset yang dilakukan kepada pengguna menemukan bahwa pengguna tidak menyukai perubahan tersebut.

    Meskipun demikian, hasil riset ini membantu Google menyadari bahwa ikon amplop pada logo Gmail bukan merupakan elemen desain, memungkinkan tim Google bereksperimen dengan mempertahankan logo huruf M dan menambahkan palet warna tradisional Google.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id