Google Doodle Hari Ini, Rayakan Hari Guru Nasional 2021

    Cahyandaru Kuncorojati - 25 November 2021 07:21 WIB
    Google Doodle Hari Ini, Rayakan Hari Guru Nasional 2021
    Google Doodle hari ini, 25 November 2021.



    Jakarta: Halaman pencarian Google hari ini kembali dihiasi oleh Google Doodle, sebuah ilustrasi grafis atau animasi yang biasa muncul saat merayakan momen penting di dunia pada tanggal tertentu. Google Doodle hari ini memperlihatkan kumpulan lebah dan sebuah ulat yang tampak sedang belajar.

    Serangga tersebut dibuat dengan pilihan warna yang menjadi ciri khas logo Google. Serangga paling depan juga dibuat seperti sedang membuka buku dan menunjukan sesuatu atau mengajar lebah yang lebih kecil.

     



    Apabila Anda mengarahkan pointer mouse ke Google Doodle tersebut atau menekannya di layar smartphone maka muncul informasi maksud dari perayaan Google Doodle hari ini. Di sini muncul teks bahwa Google sedang merayakan Teacher’s Day atau Hari Guru 2021.

    25 November selalu dirayakan sebagai momen Hari Guru Nasional. Penelurusan Medcom.id menemukan bahwa pemilihan tanggal tersebut berdasarkan Keputusan Presiden No. 78 Tahun 1994. Hal itu bertepatan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

    PGRI sendiri berawal dari Persatuan Guru Hindia Belanda yang lebih dulu lahir di tahun 1912. Organisasi tersebut dibentuk sebagai perjuangan guru pribumi di masa era kolonial atau Hindia Belanda yang anggotanya terdiri dari guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan pemilik sekolah sehingga bisa sejajar dengan rekan mereka yang berkebangsaaan Belanda.

    Di tahun 1932 Persatuan Guru Hindia Belanda menjelma Persatuan Guru Indonesia (PGI) dan di periode kolonial Jepang organisasi ini sempat dinonaktifkan. Pada periode selanjutnya setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945 digelar Kongres Guru Indonesia pertama yang berlangsung di Surakarta tanggal 24-25 November.

    Di kongres tersebut bentuk organisasi ini dibuat lebih matang menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia yang bertujuan mewadahi seluruh guru di Indonesia. Di era kolonial dan kemerdekaan Indonesia peran guru dinilai sangat penting dalam mendorong semangat perjuangan rakyat Indonesia untuk bebas dari penindasan.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id