2019, Pasar Musik Streaming Tumbuh 32%

    Lufthi Anggraeni - 06 April 2020 11:17 WIB
    2019, Pasar Musik Streaming Tumbuh 32%
    Counterpoint menyebut bahwa pasar bisnis streaming musik dunia mengalami pertumbuhan 32 persen.
    Jakarta: Tahun 2019 lalu merupakan tahun yang baik bagi bisnis streaming musik, sebab pasar keseluruhan mengalami pertumbuhan sekitar 32 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya, sedangkan Spotify dan Apple Music masih memimpin pasar layanan ini.

    Menurut penelitian yang dilakukan Counterpoint, pelanggan Apple Music mengalami pertumbuhan sebesar 36 persen, dengan pangsa pasar sebesar 19 persen. Sementara itu, jumlah pelanggan Spotify juga mengalami pertumbuhan sebesar 32 persen, dengan pangsa pasar sebesar 35 persen selama tahu 2019 lalu.

    Spotify juga dilaporkan mendominasi pangsa pasar sebesar 31 persen dari pendapatan pasar secara keseluruhan di industri streaming musik ini. Posisi ketiga ditempati oleh layanan streaming milik Amazon yang mendominasi pangsa pasar sebesar 15 persen.

    Sementara itu, YouTube Music mengekor Amazon dengan peningkatan jumlah pelanggan premium secara keseluruhan mencapai enam persen. Analis pasar meyakini bahwa kesuksesan Apple disebabkan oleh peningkatan yang konstan dari layanan ini.

    Apple Music juga dilaporkan terus merebut pelanggan dari Spotify, sementara Spotify terfokus pada konten eksklusif dan penawaran promosi yang juga menghasilkan pertumbuhan secara signifikan. Counterpoint meyakini bahwa tren ini akan berlanjut selama tahun 2020 ini, dan pelanggan akan bertumbuh lebih dari 25 persen akibat pandemik korona.

    Apabila prediksi ini benar, jumlah total pelanggan berbayar di seluruh dunia akan bertumbuh hingga melampaui 450 juta pelanggan. Sebelumnya, laporan terbaru mengklaim bahwa ponsel ini akan mengusung nama pemasaran resmi iPhone SE.

    Informasi detail baru dari laporan ini juga menyebut bahwa iPhone SE juga akan ditawarkan dengan kapasitas ruang penyimpanan hingga 256GB. Spekulasi sebelumnya menyebut bahwa ponsel cerdas ini hanya akan ditawarkan dengan ruang penyimpanan berkapasitas 64GB atau 128GB.

    Aplikasi Spotify merilis program Radar khusus untuk musisi pendatang baru, Selasa, 10 Maret 2020. Program ini berskala global terdiri dari 19 program di lebih dari 50 negara. Radar mendeteksi musisi baru dan menghubungkan mereka dengan pendengar di dunia.

    Spotify juga menghadirkan fitur terbaru pada aplikasi mobile karyanya berupa lirik lagu.  Layanan streaming lagu mulai digulirkan secara perlahan fitur tersebut kepada seluruh pengguna aplikasi versi Android dan iOS. Fitur ini akan menampilkan lirik di bagian bawah lagu dengan kemampuan sinkronisasi dengan alunan musik dengan baik.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id