Jack Dorsey Sumbang Rp16 Triliun untuk Upaya Penanganan Covid-19

    Lufthi Anggraeni - 08 April 2020 10:12 WIB
    Jack Dorsey Sumbang Rp16 Triliun untuk Upaya Penanganan Covid-19
    Jack Dorsey berdonasi sebesar USD1 miliar untuk upaya memerangi COVID-19 di seluruh dunia.
    Jakarta: Jack Dorsey CEO Twitter dan platform pembayaran digital Square mengumumkan akan mendonasikan senilai USD1 miliar (Rp16,2 triliun) dalam bentuk Square kepada Start Small Foundation miliknya, guna mendanai upaya memerangi COVID-19 di seluruh dunia.

    Dorsey menyampaikan pengumuman ini via Twitter, mengungkap jumlah tersebut setara dengan sekitar 28 persen dari kekayaan bersihnya saat ini, atau sekitar USD3,6 miliar (Rp58,4 triliun).

    Pengumuman ini turut menandai upaya filantropi paling signifikan dari eksekutif teknologi berusia 43 tahun tersebut dalam riwayat karirnya. Dorsey memang tidak sekaya pengusaha teknologi lain seperti CEO Facebook Mark Zuckerberg, co-founder Microsoft Bill Gates, dan CEO Amazon Jeff Bezos.

    Namun, berkat performa saham yang dimilikinya di Square dan Twitter, Dorsey masih dalam ditempatkan dalam daftar miliarder dan hingga tahun 2019, Dorsey belum secara terbuka mengumumkan rencana untuk mendonasikan mayoritas kekayaannya melalui Start Small Fund.

    Sebelumnya, Forbes melaporkan bahwa pendanaan ini merupakan dana yang disarankan oleh donor dan tidak harus mengungkapkan investasi dan donasi disalurkan. Dorsey dilaporkan berencana untuk mengubah hal ini.

    Dorsey menyebut bahwa USD1 miliar (Rp16,2 triliun) yang akan disalurkan ke Start Smart dapat dilacak secara publik, serta mengunggah tabel Google Sheets yang akan berguna untuk melacak penyaluran dari dana donasi dan investasi tersebut.

    Donasi tersebut termasuk USD100.000 (Rp1,6 miliar) yang disalurkan Dorsey kepada America Food Fund. Dorsey menyebut setelah upaya memerangi Covid-19, Start Small akan mengalihkan fokusnya ke ranah kesehatan dan pendidikan anak dan perempuan serta pendapatan dasar universal atau Universal Basic Income (UBI).

    Dorsey menyebut UBI serta kesehatan dan pendidikan perempuan mewakili solusi jangka panjang untuk permasalahan yang saat ini dihadapi seluruh dunia. Dan UBI membutuhkan pendanaan untuk eksperimen guna menguji efisiensinya di dunia nyata.

    CEO ini juga menyampaikan penjelasan terkait keputusannya untuk menggunakan saham Square. Dorsey mengaku memiliki banyak saham di Square, dan menjelaskan alasan Start Small dibangun sebagai LLC alih-alih menggunakan struktur lebih tradisional seperti lembaga nonprofit, seperti struktur yang digunakan oleh Bill and Melinda Gates Foundation.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id