Jelang Lebaran, Tri Indonesia Perkuat Jaringan di 216 Titik Strategis

    Cahyandaru Kuncorojati - 20 Mei 2020 15:21 WIB
    Jelang Lebaran, Tri Indonesia Perkuat Jaringan di 216 Titik Strategis
    Titik persebarangn jaringan 4,5G dari Tri Indonesia.
    Jakarta: Operator seluler Tri Indonesia mengklaim terjadi kenaikan trafik data di jaringannya dibandingkan tahun sebelumnya atau ramadan tahun lalu.

    Mereka mengklaim ada peningkatan trafik di minggu ketiga bulan Ramadan mencapai 22 persen dibandingkan bulan lalu, atau sebesar 48 persen apabila dibandingkan Ramadan tahun lalu. Menurutnya peningkatan signifikan tersebur karena adanya imbaun berakitvitas di rumah.

    Berdasarkan data yang dihimpun tim teknis Tri Indonesia, kenaikan lalu lintas data selama tiga minggu pertama bulan Ramadan didominasi oleh penggunaan layanan e-commerce sebesar 77 persen. Hal ini menandakan aktivitas belanja online sangat digemari.

    Tri Indonesia juga mencatat bahwa peningkatan trafik jaringan berdasarkan lokasi terjadi paling tinggi di kawasan Sumatera Utara sebanyak sembilan persen, Cianjur dan Sukabumi di delapan persen, dan kawasan Karawang, Serang, dan Tasikmalaya di angka tujuh persen.

    "Berbeda dari tahun sebelumnya, banyak pelanggan 3 Indonesia yang harus merayakan Idul Fitri tahun ini tanpa dapat bertemu dengan keluarga dan sanak saudara tercinta," ungkap Wakil Presiden Direktur Tri Indonesia, M. Buldansyah.

    "Silaturahmi kini dilakukan melalui pesan singkat, dan video call. Untuk selalu menghubungkan seluruh pelanggan, kami melakukan optimisasi kualitas dan kualitas jaringan," imbuhnya.

    Tri Indonesia mengaku melakukan optimalisasi jarinagn di 216 point of interest (POI) yang berfokus di lokasi daerah padat penduduk dan di jalur transportasi untuk mendukung bisnis logistik.

    Lebih detil, terdapat 45 POI di Sumatera, 95 POI di Jabodetabek dan Jawa Barat, 41 POI di daerah Jawa lainnya, Bali, dan Nusa Tenggara, beserta 31 POI di Kalimantan dan Sulawesi.

    Mereka juga mengaku sudah membangun 2.500 BTS (Base Transceiver Station) dan meningkatkan kapasitas jaringan di 4.000 BTS. Tri Indonesia juga menyiapkan armada Cell on Wheels (COW) sebanyak 18 juta unit untuk menambah kapasitas jaringan di titik strategis seperti rumah sakit rujukan Covid-19

    "Kami senantiasa memantau dan mengendalikan jaringan kami dari Network Operation Center (NOC) yang beroperasi selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, termasuk selama Hari Raya berlangsung," tegas Buldansyah.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id