Pesan William Tanuwijaya Kepada Semua Pengguna Tokopedia

    Cahyandaru Kuncorojati - 13 Mei 2020 12:41 WIB
    Pesan William Tanuwijaya Kepada Semua Pengguna Tokopedia
    Ilustrasi.
    Jakarta: Pendiri sekaligus CEO Tokopedia, William Tanuwijaya memberikan pernyataan resmi yang ditujukan kepada semua pengguna layanannya. Dia menyampaikan lewat sebuah email ke pengguna Tokopedia.

    William menyatakan bahwa Tokopedia terus menjaga amanah atau kepercayaan lebih dari 90 juta masyarakat Indonesia yang menggunakan layanan marketplace buatannya. Hal ini diklaim ditunjukan dari prioritas terhadap keamanan layanan Tokopedia.

    "Kami terus membangun, mengembangkan, dan meningkatkan prosedur serta sistem antisipasi dan mitigasi kami, sesuai dengan standar terbaik dunia," ungkapnya.

    "Pada tanggal 2 Mei 2020, kami menyadari adanya pencurian data oleh pihak ketiga yang tidak berwenang terkait informasi pengguna Tokopedia. Selain pemberitahuan yang telah kami informasikan sebelumnya, kami ingin memberikan informasi terbaru terkait langkah-langkah yang telah kami ambil hingga saat ini untuk mengatasi kejadian tersebut," beber William.

    Baca: Menkominfo Minta Tokopedia Lakukan Investigasi

    William menyatakan bahwa Tokopedia langsung melakukan investigasi dan memastikan keamanan akun dan transaksi di dalamnya. Dia mengklaim sudah memastikan semua kata sandi telah dienkripsi dengan enkripsi satu arah.

    "Kedua, kami telah berkomunikasi dan bekerja sama dengan pemerintah, antara lain Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Badan Siber dan Sandi Negara untuk melakukan investigasi atas kejadian ini sekaligus memastikan keamanan dan perlindungan atas data pribadi Anda," jelas William.

    Dia juga menegaskan sudah menggandeng institusi independen kelas dunia bidang yang ahli di bidang keamanan siber untuk membantu identifikasi dan langkah peningkatan perlindungan data Tokopedia.

    Baca: Hacker Tokopedia Juga Curi dan Jual Data Bhinneka

    "Pengguna kami adalah prioritas utama. Maka dari itu, sebagai langkah pencegahan tambahan, kami senantiasa mengajak seluruh pengguna Tokopedia mengikuti anjuran langkah pengamanan agar semua tetap terlindungi," imbau William.

    Misalnya, mengganti sandi akun Tokopedia secara berkala dan tidak menggunakan kata sandi yang sama di platform digital lain. Kemudian menjaga OTP dengan tidak membagikannya ke pihak lain termasuk yang mengatasnamakan Tokopedia dengan alasan apapun.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id