Tujuh Tahun, AMD Kirim Setengah Miliar GPU

    Cahyandaru Kuncorojati - 04 Juni 2020 15:14 WIB
    Tujuh Tahun, AMD Kirim Setengah Miliar GPU
    Kartu grafis AMD.
    Jakarta: Bisnis GPU atau Graphic Processing Unit milik AMD lewat divisi AMD Radeon ternyata terus bertumbuh. Persaingan dengan NVIDIA maupun Intel ternyata sama sekali tidak mengganggu bisnis mereka. Hal ini terlihat dari total data pengapalan GPU AMD selama tujuh tahun belakangan.

    Klaim AMD tidak sepihak karena fakta ini berasal dari hasil riset pasar yang diungkapkan firma Jon Peddie Research (JPR). AMD disebut sudah mengapalkan atau diasumsikan sebagai menjual GPU lebih dari setengah miliar sejak tahun 2013.

    Dikutip dari Tom's Hardware, AMD mulai masuk ke bisnis GPU di tahun 2013 lewat divisi AMD Radeon. Riset JPR mengklaim AMD sudah mengapalkan sekitar 553 juta GPU sejak tujuh tahun lalu. Kesuksesan ini tidak hanya berasal dari PC, dan laptop tapi juga konsol seperti PlayStation dan Xbox yang mengandalkan AMD.

    Tujuh Tahun, AMD Kirim Setengah Miliar GPU

    Apabila dibagi berdasarkan kategori jenis GPU yang ada yaitu, terintegrasi di prosesor atau APU dan kartu grafis diskrit maka angkanya semakin jelas. Pangsa pasar penjualan GPU diskrit AMD mencapai 36 persen dari total angka pengapalan tadi.

    Sementara penjualan GPU AMD dalam bentuk APU disebut mencapai 35 persen untuk perangkat komputer atau laptop dan di perangkat konsol sekitar 29 persen dati total pengapalan yang dilakukan AMD selama tujuh tahun. Berdasarkan infografis dari JPR, di tahun 2013, AMD mengapalkan GPU Radeon sebanyak 87 juta unit.

    Tujuh Tahun, AMD Kirim Setengah Miliar GPU

    Kemudian menjadi 177 juta di 2014, 246 juta unit di 2015, dan 322 juta di 2016. Angka ini terus naik menjadi 398 juta unit di tahun 2017, 474 juta unit di 2018 dan terus naik signifikan hingga di tahun 2019 menyentuh 553 juta unit.

    Berdasarkan perhitungan rata-rata pengapalan GPU selama tujuh tahun menurut JPR, Intel masih mendominasi. Intel mendominasi dengan persentase 62 persen, AMD 22 persen dan NVIDIA 16 persen. Hal ini tidak mengherankan karena semua prosesor (CPU) Intel pasti memiliki GPU terintegrasi.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id