YouTube Siapkan Rp1,4 Triliun untuk Pengguna Shorts

    Lufthi Anggraeni - 13 Mei 2021 13:17 WIB
    YouTube Siapkan Rp1,4 Triliun untuk Pengguna Shorts
    YouTube mempersiapkan dana senilai Rp1,4 triliun untuk mendorong kreator membuat konten di Shorts.



    Jakarta: YouTube mengumumkan pihaknya telah mempersiapkan dana sebesar USD100 juta (Rp1,4 triliun) untuk pengguna aplikasi pesaing TikTok karyanya, Shorts. Dana ini merupakan bagian dari upaya YouTube untuk membangun basis pengguna.

    “Dana ini adalah langkah pertama kami dalam membangun model monetisasi jangka panjang untuk Shorts di YouTube,” tulis YouTube di blog resminya.

     



    Selain itu, dana berjumlah besar ini juga secara khusus ditujukan untuk kreator konten Shorts. Sebagai informasi, YouTube menghadirkan Shorts sebagai pesaing aplikasi berbagi video berdurasi singkat lainnya, seperti TikTok, Snap, serta Reels dari Instagram dan Facebook.

    YouTube juga berharap pemberian bayaran untuk kreator konten Shorts ini tidak hanya akan meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap Shorts, namun juga menjelajahi platform ini dalam jangka waktu lebih lama.

    Platform jejaring sosial yang dinaungi Google ini berencana mulai mendistribusikan kepada kreator konten Shorts pada bulan Juni, hingga tahun 2022 mendatang. Untuk mendapatkan bayaran ini, pengguna hanya perlu menciptakan konten Shorts unik dan digemari komunitas pengguna YouTube.

    Sayangnya, YouTube tidak membeberkan penilaian konten Shorts yang berhak mendapatkan insentif tersebut pada informasi di blog resminya. Sebelumnya, Google mengumumkan bahwa secara keseluruhan, konten Shorts telah diputar sebanyak 6,5 miliar kali per hari di seluruh dunia.

    Sebagai pengingat, YouTube secara resmi meluncurkan Shorts di wilayah Amerika Serikat pada awal bulan Mei lalu, meski versi beta dari aplikasi ini telah dapat dicoba sejumlah pengguna sejak bulan September 2020 lalu.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id