MAGHRIB 17:47

    Untuk Jakarta dan sekitarnya

    IMSAK 04:25
    SUBUH 04:35
    DZUHUR 11:53
    ASHAR 15:14
    ISYA 18:59

    Download Jadwal Imsakiyah

    Motherboard MSI Masih Kompatibel dengan Prosesor AMD

    Cahyandaru Kuncorojati - 18 April 2019 11:47 WIB
    Motherboard MSI Masih Kompatibel dengan Prosesor AMD
    Motherboard MSI.
    Jakarta: Kabar mengejutkan sempat menimpa MSI beberapa hari lalu. Dikutip dari situs TechPowerUp, perusahaan tersebut mencabut dukungan kompatibiltas semua generasi prosesor AMD Ryzen dari motherboard buatannya.

    Hal ini pertama kali diketahui dari email yang diterima pengguna motherboard X370 Power Titanium. Apabila kabar tersebut benar, maka pengguna motherboard chipset AMD seri 300 dan seri 400 tidak akan kompatibel dengan prosesor AMD terbaru, yaitu Ryzen 3 "Matisse" yang akan dirilis.
    Artinya, konsumen harus membeli motherboard baru jika mereka mau menggunakan Ryzen terbaru. Padahal, selama ini, motherboard berbasis chipset AMD hanya butuh melakukan update BIOS untuk bisa mendukung prosesor generasi terbaru. Fitur ini juga yang membuat prosesor AMD serta motherboard jenis tersebut jauh lebih laris dibandingkan Intel.

    Kabar tidak mengenakkan ini juga sempat memburuk. Tidak hanya seri chipset high-end seperti AMD X370 dan AMD X570 saja tapi chipset kelas menengah dan entry level disebut tidak akan mendukung prosesor AMD terbaru yang rumornya dirilis tahun ini.

    Motherboard MSI Masih Kompatibel dengan Prosesor AMD

    Tidak lama, kabar ini terdengar oleh pihak MSI. Dikutip dari situs Hexus, MSI mengklarifikasi bahwa masalah itu adalah misinformasi. Dari pihak MSI Customer Support, MSI menyatakan motherboard buatannya masih akan kompatibel dengan generasi terbaru prosesor AMD Ryzen.

    Dalam pernyataan di blog resmi MSI, perusahaan menyertakan daftar produknya yang akan segera mendapatkan update BIOS untuk prosesor generasi terbaru AMD dalam waktu dekat. Pihak AMD sendiri belum menyatakan tanggal rilis prosesor terbarunya.

    Kabar baiknya, hal ini menandakan bahwa prosesor AMD Ryzen Series 3000 versi dekstop bakal dirilis tahun ini, sesuai rumor yang beredar. Sebelumnya, AMD sudah lebih dulu merilis Ryzen Series 3000 di kelas AMD Ryzen Pro yaitu untuk perangkat mobile seperti laptop.

    AMD Ryzen Series 3000 akan sangat dinantikan. Bocoran yang beredar menyebut bahwa untuk pertama kalinya, AMD akan menyediakan seri Ryzen 9. Beberapa tahun belakang AMD membagi SKU produknya menjadi seri Ryzen 3, Ryzen 5, dan Ryzen 7.

    Motherboard MSI Masih Kompatibel dengan Prosesor AMD

    AMD Ryzen 9 3800X menjadi yang prosesor berspesifikasi tertinggi dengan 16 core dan 32 thread dengan base clock 3,9GHz, turbo clock 4,7GHz dan TDP 125W. Jumlah core dan thread tersebut dua kali lipat dari AMD Ryzen 7 2700X yang hanya memiliki 8 core dan 16 thread.

    Sementara Intel Core i9 9900K hanya memiliki 8 core dan 16 thread dengan base clock 3,6Hz dan turbo clock 5GHz tapi tingkat TDP hanya 95W. Jumlah core dan thread tersebut masih setara dengan AMD Ryzen 7 seri 2000 yang dirilis pertengahan tahun lalu.



    (ELL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id