Gara-Gara Android, Oracle Tuntut Google Rp124 Triliun

    Riandanu Madi Utomo - 29 Maret 2016 17:06 WIB
    Gara-Gara Android, Oracle Tuntut Google Rp124 Triliun
    Oracle anggap Google gunakan API Java secara ilegal



    medcom.id: Oracle baru-baru ini dilaporkan kembali menuntut Google karena dianggap telah menggunakan API Java tanpa izin selama enam tahun di sistem operasi Android.

    Tidak tanggung-tanggung, Oracle menuntut Google sebesar USD9,3 miliar atau sekitar Rp124,5 triliun. Gugatan tersebut telah dilayangkan oleh Oracle dan proses hukumnya akan berlangsung pada bulan April mendatang.

     



    Java sebenarnya memang bukan dibuat oleh Oracle. Salah satu API yang paling populer di dunia tersebut dibuat oleh Sun Microsystem yang kemudian diakuisisi oleh Oracle pada tahun 2010. Sejak akusisi tersebut, Oracle kemudian gencar menggugat Google karena telah dianggap menggunakan API yang kini telah dimilikinya secara ilegal.

    Perseteruan Oracle dan Google tersebut masih belum menemukan titik temu hingga saat ini. Awalnya, jaksa memutuskan bahwa Google bersalah karena menggunakan setidaknya 37 API yang patennya dimiliki oleh oracle.

    Sayangnya, hakim mengatakan hal sebaliknya. Menurut hakim yang bernama William Alsup, API tidak termasuk ke dalam subjek yang bisa dipatenkan.

    Oracle pun masih belum menyerah dan kali ini kembali melayangkan gugatan beserta tuntutan berupa kompensasi dalam jumlah yang sangat besar. Perhitungan kompensasi tersebut didapat dari kerugian Oracle sebesar USD475 juta dan ditambah dengan pendapatan Google dari Android yang sebesar USD8,83 miliar.

    Sementara itu, Google menyatakan beratannya atas tuntutan tersebut. Mereka mengatakan, kerugian harusnya dihitung dari penggunaan 37 API yang dipatenkan, yaitu hanya sebesar USD100. Baik Google maupun Oracle, keduanya akan kembali bertarung di pengadilan pada persidangan di bulan Mei mendatang.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id