Chipset Terbaru Qualcomm Punya Versi Non-5G

    Cahyandaru Kuncorojati - 04 Desember 2019 10:01 WIB
    Chipset Terbaru Qualcomm Punya Versi Non-5G
    Ada Snapdragon 865 dan 765 non-5G
    Maui: Qualcomm Tech Summit 2019 tidak hanya membahas performa chipset terbaru yang akan menjadi fondasi smartphone tahun 2020. Satu fitur yang termasuk penting adalah dukungan koneksi 5G.

    Laporan Medcom.id sebelumnya menyebutkan bahwa dukungan 5G tidak hanya ada di Snapdragon 865, tapi juga seri menengah yaitu di Snapdragon 765 dan 765G. Di sini Qualcomm memperkenalkan desain modular yang diterapkan pertama kali.

    Apa yang dimaksud modular platform? Di atas panggung, Senior Vice President dan General Manager Mobile Qualcomm, Alex Katouzian memberikan penjelasan singkat tapi mendalam dari teknologi yang dikalim bisa menguntungkan OEM atau merek smartphone.

    "Kami menciptakan sebauh reference design yang bisa dimanfaatkan OEM untuk mengembangkan fitur atau fokus tertentu sesuai keinginan atau keunggulan produknya," ungkap Alex.

    Modular artinya ketiga chipset terbaru Qualcomm Snapdragon bisa digunakan oleh OEM menyesuaikan komponen pendukung yang dibutuhkan. Dalam konteks ini, pihak Qualcomm lebih menekankan soal modifikasi modem 5G Snapdragon X55.

    Jadi, di tahun 2020 nanti akan ada smartphone dengan Snapdragon 865 maupun Snapdragon 765 dan 765G yang hadir dalam versi tidak mendukung 5G. Hal ini disadari oleh pihak Qualcomm, melihat belum banyak negara yang memiliki koneksi 5G maupun dengan standar yang sama.

    OEM akan dimudahkan untuk menciptakan variasi smartphone dengan dukungan 5G maupun non-5G untuk negara atau pasar tertentu. Ini jadi solusi bagi OEM untuk bisa menghadirkan produk ke sebuah pasar dengan cepat atau sesuai time to market. 

    OEM tidak lagi harus mengulur waktu cukup lama atau bahkan menunda untuk bisa menyediakan varian produk tanpa dukungan 5G. Dalam presentasinya, Alex juga menyebut beberapa kelebihan modular platform adalah bisa menekan biaya.

    "Modular platform bisa membantu OEM menekan biaya pengembangan atau produksi perangkat dan mempercepat komersialisasi produk. Desain ini juga memungkinkan skalabilitas produksi OEM untuk menciptakan beberapa varian atau kategori perangkat," jelas Alex.

    Qualcomm Snapdragon 865 dan dua varian Snapdragon 765 akan tersedia di pasar tahun 2020. Beberapa merek sudah menyatakan akan segera memperkenalkan produk terbaru di kuartal pertama tahun depan yang sudah menggunakan chipset terbaru tadi.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id