Gambar Wallpaper ini Bisa Bikin Smartphone Rusak

    Lufthi Anggraeni - 01 Juni 2020 08:47 WIB
    Gambar Wallpaper ini Bisa Bikin Smartphone Rusak
    Leakster Ice Universe memperingatkan pengikut untuk tidka menjadikan gambar sebagai wallpaper smartphone.
    Jakarta: Leakster kenamaan Ice Universe baru-baru ini menghebohkan jagat media sosial. Bukan berkat bocoran informasi terkait smartphone baru seperti biasanya ia lakukan, melainkan karena peringatan terkait wallpaper yang mampu menyebabkan smartphone mengalami kerusakan.

    Pada unggahan di akun Twitter miliknya, Ice Universe memperingatkan pengikut untuk tidak menjadikan gambar yang mendampingi unggahan tersebut sebagai wallpaper ponsel cerdas karena dapat menyebabkan ponsel rusak.

    Secara spesifik, larangan ini ditujukan Ice Universe untuk pengguna smartphone karya Samsung, dan meminta pengikut untuk mengabaikan gambar jika seseorang mengirimkannya kepada pengikut. Selain itu, Ice Universe juga mengungkap bahwa dirinya mencoba mengunggah gambar ini ke akun jejaring sosial Weibo.

    Pada jejaring sosial asal Tiongkok ini, Ice Universe menyebut terjadi perubahan warna menjadi lebih gelap, namun hal ini menyebabkan gambar tidak berbahaya. Hal berbeda ia temukan saat mengunggahnya ke Twitter, yang hadir dengan warna serupa gambar asli, sehingga dinilainya masih berbahaya.

    Dengan demikian, Ice Universe memperkirakan bahwa penyebab gambar tersebut berbahaya terkait dengan gamut warna. Unggahan peringatan ini mendapatkan tanggapan dari pengikut Ice Universe yang mengaku mencoba larangan tersebut.

    Beberapa pengikut Ice Universe mengunggah gambar dan mengaku mencoba pada Samsung Galaxy S20 Ultra, Samsung Galaxy A51, Samsung Galaxy Note 10 dan Google Pixel. Pengikut pengguna ponsel tersebut mengaku perangkat yang mereka gunakan mengalami kerusakan setelah menjadikan gambar ini sebagai wallpaper.

    Namun, salah seorang pengikut memperkirakan bahwa gambar ini mengandung bug untuk Android Q. Pengikut berna nama Aryan ini menyebut gambar tersebut tidak menyebabkan smartphone Samsung Galaxy J7 Pro dengan sistem operasi Android 9 miliknya rusak setelah diatur sebagai wallpaper.

    Mengutip Antara, layar ponsel mendadak menjadi gelap setelah gambar diatur sebagai wallpaper, meski ponsel masih aktif. Namun, layar tidak dapat menampilkan gambar wallpaper dan bar bagian atas lokasi informasi baterai kerap menghilang.

    Beberapa saat kemudian, smartphone nonaktif dan melakukan restart dengan sendirinya berulang kali, sebelum menampilkan tulisan Android Recovery. Hal ini didampingi oleh kode program dan pemberitahuan bahwa ponsel tidak dapat berjalan secara normal, serta instruksi untuk memulihkan perangkat.

    Akibat layar sentuh yang tidak dapat berfungsi, pengguna dapat memanfaatkan tombol volume sebagai alat navigasi pilihan. Dan saat memilih opsi Erase app data untuk memulihkan perangkat, ponsel akan memasuki mode aman atau Safe Mode, dan menampilkan pemberitahuan.

    Pemberitahuan ini menyebut bahwa ponsel tidak dapat dimulai secara normal dan mengharuskan pengguna melakukan reset agar dapat keluar dari mode aman. Pengguna kemudian akan dapat mengganti wallpaper dan menghapus foto, namun harus diikuti oleh reset secara menyeluruh pada ponsel bermasalah.

    Dengan demikian, pengguna disarankan untuk melakukan backup pada data di smartphone saat berada di mode aman. Untuk melakukan reset pabrik, tekan tombol power dan pilih Off, kemudian setelah ponsel nonaktif, tekan tombol volume up dan power secara bersamaan. Setelah logo Samsung muncul, lepas tombol power namun tetap tekan tombol volume up.

    Sementara itu, salah satu pengikut Ice Universe lain mengaku gambar tersebut tidak menyebabkan iPhone miliknya mengalami kerusakan setelah diatur sebagai wallpaper. Meskipun demikian, kami tidak menyarankan Anda menjadikan gambar sebagai wallpaper perangkat jika tidak ingin perangkat mengalami kerusakan.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id