Google Doodle Hari Ini Kenang Seniman Betawi Benyamin Sueb

    Cahyandaru Kuncorojati - 22 September 2020 07:41 WIB
    Google Doodle Hari Ini Kenang Seniman Betawi Benyamin Sueb
    Google Doodle mengenang Benyamin Sueb.
    Jakarta: Apabila Anda membuka mesin pencarian Google hari ini maka di bagian atas kolom pencarian akan terdapat ilustrasi dengan ornamen Ondel-ondel. Saat pointer mouse diarahan ke ilustrasi ini maka akan muncul tulisan nama Benyamin Sueb.

    Ya, Google Doodle hari ini sedang mengenang salah satu seniman legendaris Betawi yaitu Benyamin Sueb yang mungkin di akhir hidupnya lebih dikenal dalam tayangan Si Doel Anak Sekolahan bersama Rano Karno.

    Melihat lebih dekat Google doodle hari ini terdapat ilustrasi wajah sang seniman serta hal ikonik dari dirinya. Misalnya gulungan pita film, kompor meledug, tanjidor, dan tidak lain Ondel-ondel yang jadi ciri khas identitas kebudayaan Betawi.

    Di situs resmi Google Doodle dijelaskan bahwa ilustrasi ini dibuat oleh Isa Indra Permana. Google ingin mengenang Benyamin sueb yang sudah berkarya lewat lebih dari 50 film dan 300 lagu yang dia buat sendiri.

    Pemilihan tanggal 22 September bukan bertepatan dengan tanggal lahir Benyamin Sueb yang diketahui besar di Jakarta pada 5 Maret 1939. Pemilihan tanggal ini berkaitan dengan peresmian salah satu bangunan cagar budaya yang ditujukan untuk mengenang karya Benyamin Sueb.

    Pada tanggal 222 September 2018, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Taman Benyamin Sueb yang memanfaatkan bangunan bekas edung Kodim di kawasan Jatinegara. Lokasi ini menjadi museum perjalanan karir Benyamin Sueb sekaligus pusat kebudayaan Betawi

    Benyamin Sueb wafat di usia 56 tahun pada tanggal 5 September 1995. Dirinya menghembuskan nafas terakhir setelah koma beberapa hari seusai terkena serangan jantung saat main sepak bola.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id