Grab Resmikan Tech Center dan BJ Habibie Hall

    Lufthi Anggraeni - 11 November 2020 13:02 WIB
    Grab Resmikan Tech Center dan BJ Habibie Hall
    Grab meresmikan Tech Center di Indonesia, serta BJ Habibie Hall sebagai bagian dari Tech Center.
    Jakarta: Grab meresmikan Tech Center yang berlokasi di Gama Tower, Jakarta, Indonesia, sekaligus pusat inovasi untuk kawasan Asia Tenggara. Tech Center ini didedikasikan Grab untuk mengembangkan solusi teknologi bagi UMKM, di wilayah Asia Tenggara ini.

    “Grab Tech Center ditujukan untuk meningkatkan kapabilitas teknologi kami di Indonesia dalam rangka membangun berbagai solusi yang dibutuhkan masyarakat Indonesia, namun tak terbatas pada itu saja. Kami juga ingin berkontribusi dalam mengembangkan potensi teknologi Indonesia, dan berharap dapat memboyong teknologi ‘Buatan Indonesia’ ke seluruh Asia Tenggara,” ujar President of Grab Indonesia Ridzky Kramadibrata.

    Grab Tech Center merupakan kelanjutan dari komitmen jangka panjang Grab di Indonesia, dan adalah rumah bagi salah satu Dual Headquarter Grab. Grab menjelaskan bahwa Tech Center akan terfokus pada riset, perancangan, dan uji coba perangkat dan teknologi untuk UMKM di Indonesia terlebih dahulu, dan kemudian akan diekspor ke pasar berkembang lain di Asia Tenggara.

    Saat ini, Indonesia memiliki lebih dari 64 juta UMKM dan baru sebanyak 16 persen diantaranya yang telah terdigitalisasi. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai pasar ideal bagi Grab untuk menguji coba solusi teknologi dengan tujuan mempermudah bisnis hingga skala terkecil memanfaatkan teknologi dalam proses transformasi ke online dan sukses dalam era digital.

    Peresmian Tech Center ini juga mendukung misi Grab for Good yang diumumkan pada tahun 2019 lalu, mencakup digitalisasi lima juta usaha kecil dan tradisional pada 2025. Misi ini juga menjadi target Grab Indonesia melalui program #TerusUsaha yang tengah dijalankan khusus untuk mendorong pertumbuhan UMKM.

    Grab Tech Center menaungi tim yang fokus pada penelitian dan pengembangan (R&D), GrabKios, Merchant, dan GrabFood, dengan divisi lain yang diperlukan untuk pengembangan produk menyeluruh, mencakup manajemen produk, desain produk, analisis produk, software engineering, hingga quality assurance engineering.

    Grab juga berencana semakin memperkuat kapabilitas di backend engineering, mobile front-end engineering, serta site reliability engineering. Salah satu tanggung jawab utama tim Tech Grab Indonesia adalah mengembangkan platform berbagai produk digital Grab.

    Melalui platform produk digital, tim bertugas membangun berbagai jenis produk guna menciptakan sumber pendapatan tambahan bagi mitra pengemudi dan mitra agen Grab. Dan bersamaan dengan Tech Center, Grab juga meresmikan aula baru, B.J. Habibie Hall, bagian dari Grab Tech Center.

    Aula seluas 429 meter persegi ini ditujukan sebagai penghormatan kepada Presiden ke-3 Republik Indonesia, Alm. Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, insinyur dan ilmuwan yang berhasil mengubah Indonesia melalui teknologi dan inovasi.

    Aula B.J. Habibie Hall akan berfungsi sebagai wadah edukasi dan kolaborasi bagi cendekiawan dan pembuat kebijakan di bidang teknologi, akademi, dan bisnis. Kehadiran Grab Tech juga disambut baik pemerintah Indonesia, salah satunya Kementerian Komunikasi dan Informatika.

    “Saya berharap Grab Tech Center akan membantu membangun generasi talenta teknologi baru yang dapat mengantarkan kita ke Industri 4.0. Selamat kepada Grab Indonesia atas peresmian Grab Tech Center yang akan menjadi pusat riset dan teknologi untuk pengembangan UMKM ultra mikro di Indonesia dan di Asia Tenggara,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id