Cegah Pelecehan, PS5 Berbekal Rekam Suara

    Lufthi Anggraeni - 20 Oktober 2020 14:18 WIB
    Cegah Pelecehan, PS5 Berbekal Rekam Suara
    Sony merilis update firmware berkemampuan merekam obrolan suara guna mencegah pelecehan.
    Jakarta: Sony merilis update firmware versi 8.0 untuk PlayStation 4, dan mendistribusikan pesan kepada pengguna yang telah memperbarui konsol mereka. Pesan ini menampilkan informasi bahwa Sony merekam obrolan suara pengguna selama game berlangsung dengan tujuan untuk moderasi.

    Pesan ini menimbulkan pertanyaan di sejumlah kalangan, sehingga Sony kemudian merilis klarifikasi untuk memperjelas tujuan kehadiran fitur perekaman obrolan tersebut.

    Sony menjelaskan bahwa moderasi tersebut bertujuan untuk menghindari tindakan tidak menyenangkan yang mungkin terjadi selama permainan.

    Secara spesifik, Sony menyebut tindakan tidak menyenangkan tersebut termasuk pelecehan secara verbal, kata kasar, perundungan. Dengan demikian, fitur ini menjadi salah satu bentuk bantuan yang dihadirkan Sony dalam mendukung laporan pelecehan atau perundungan yang didaftarkan penggunanya.

    Tidak hanya PlayStation 4, Sony juga menyebut bahwa firmware versi baru ini juga akan tersedia di konsol game terbarunya yaitu PlayStation 5. Dan kehadiran fitur ini juga menjadi kali pertama bagi Sony mengizinkan dukungan software untuk merekam obrolan suara dan mengirimkannya untuk moderasi.

    Namun Sony membutuhkan waktu untuk membuktikan akan mampu mendorong pemain untuk berperilaku lebih sopan, atau malah mengakibatkan lebih sedikit pemain yang akan menggunakan fitur obrolan suara.

    Update  8.0 ini juga menambahkan sejumlah fitur lain, seperti avatar baru, kontrol komunikasi orangtua dan dukungan untuk aplikasi autentikasi dua faktor. Sony juga telah mengganti nama aplikasi seluler PS4 Remote Play, Mac, dan PC menjadi PS Remote Play dalam rangka menyambut kehadiran PS5.

    Sebagai informasi, aplikasi tersebut memungkinkan pengguna terhubung ke PS5 yang akan dirilis secara resmi bulan depan.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id