Operator 3 Indonesia Sukses Uji Segment Routing IPv6, Apa Efeknya?

    Cahyandaru Kuncorojati - 24 November 2020 14:28 WIB
    Operator 3 Indonesia Sukses Uji Segment Routing IPv6, Apa Efeknya?
    Ilustrasi.
    Jakarta: Operator seluler 3 (Tri) Indonesia mengumumkan telah berhasil melakukan uji coba Segmen routing IPv6 (SRv6) di kawasan Jawa Tengah. Hal ini diklaim menjadikan mereka sebagai operator seluler pertama yag berhasil melakukan uji coba tersebut di Indonesia.

    Uji coba ini merupakan bagian dari inovasi teknologi jaringan yang diklaim bisa meningkatkan kualitas layanan 3 Indonesia. Kegiatan tersebut dilakukan sejak Juni hingga Oktober 2020. Apa efek dari inovasi ini?

    3 Idonesia menjelaskan bahwa SRv6 bekerja menyederhanakan protokol jaringan, melakukan otomatisasi penyediaan dan pengoptimalan layanan jaringan, serta meningkatkan keandalan jaringan.

    SRv6 disebut mengubah jaringan transports IP milik 3 Indonesia menjadi jaringan cerdas yang memberikan layanan ultra-broadband dengan kualitas yang terjamin untuk menyedian pengalaman layanan terbaik ke pelanggan.

    Ke depannya jaringan 3 Indonesia diklaim mampu memenuhi layanan 5G seperti Ultra Reliable Low Latency Communication (URLLC). Jadi 3 Indonesia melakukan rekayasa jaringan untuk mempersiapkan transformsi jaringan menuju 5G.

    3 Indonesia mencontohkan pengalaman yang akan diterima pengguna, ke depannya pengguna yang bermain game mobile bisa merasakan konektivitas yang tidak cuma cepat tapi latensi super rendah. Jadi routing cerdas SRv6 bisa mengoptimalisasi jaringan secara otomatis sesuai perubahan kondisi jaringan.

    "Kami memiliki misi berkelanjutan untuk selalu meningkatkan kualitas jaringan dan selalu menerapkan inovasi teknologi terkini. Fase uji coba sudah berhasil kami lalui, sehingga teknologi SRv6 siap kami terapkan untuk mendukung penerapan 5G kedepan," tutur Chief Technical Officer 3 Indonesia, Desmond Cheung.

    "SRv6 mentransformasi jaringan transport IP kami menjadi jaringan dengan kemampuan yang lebih baik, yang memungkinkan kami memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, serta memenuhi kebutuhan layanan 5G ke depan," jelasnya.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id