Metro Siang

    Aplikasi Bantuan Visual untuk Penyandang Tunanetra, Begini Cara Kerjanya

    MetroTV - 15 September 2021 18:18 WIB
    Aplikasi Bantuan Visual untuk Penyandang Tunanetra, Begini Cara Kerjanya
    Aplikasi bantuan visual untuk penyandang tunanetra. (tangkapan layar MetroTV)



    Virginia: Aplikasi ponsel pintar bernama Be My Eyes memberikan bantuan visual bagi penyandang tunanetra. Aplikasi ini menghubungkan penggunanya dengan relawan yang bisa melihat dan menggambarkan apa yang ditangkap kamera ponselnya. 

    Be My Eyes merupakan aplikasi gratis yang sudah digunakan sekitar 316.000 pengguna tunanetra dan rabun jauh. Be My Eyes telah digunakan di 175 negara dengan hampir lima juta relawan. 

     



    Pengguna bisa mengakses dukungan teknis khusus untuk perangkat lunak komputer, produk perawatan pribadi bahkan tes kehamilan. Be My Eyes juga sudah bekerja sama dengan berbagai perusahaan. 

    “Microsoft adalah yang pertama, setelah itu ada Google, Procter & Gamble dan perusahaan lain bergabung dengan Be My Eyes untuk bertemu dengan komunitas di mana mereka berada,” ujar Komunitas Be My Eyes, Will Butler dalam tayangan Metro Siang di Metro TV, Rabu, 15 September 2021.

    Salah satu pengguna Be My Eyes, Jeshua Aveno memiliki gangguan penglihatan sejak lahir. Jeshua memang bisa hidup dan bekerja secara mandiri, namun terkadang ia memerlukan bantuan visual untuk membacakan surat untuknya. “Jika saya perlu baca beberapa jenis surat atau paket, itu agak menantang,” kata Jeshua.

    Prioritas aplikasi Be My Eyes adalah membangun komunitas. Aplikasi ini membina hubungan antara pengguna dan para relawannya untuk membentuk komunitas yang bisa saling berbagi pengalaman. (Widya Finola Ifani Putri)

    (PRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id