Aktivis Pro Palestina Kampanyekan Kasih Bintang 1 ke Aplikasi Facebook

    Cahyandaru Kuncorojati - 24 Mei 2021 10:09 WIB
    Aktivis Pro Palestina Kampanyekan Kasih Bintang 1 ke Aplikasi Facebook
    Facebook. (Getty Images)



    Jakarta: Di tengah gerakan mendukung kebebasan Palestina dari aksi kekerasan Israel ternyata aplikasi Facebook buatan Mark Zuckerberg juga menjadi sasaran. Hal ini tidak terlepas dari anggapan bahwa media sosial terpopuler di dunia tersebut menyensor sejumlah akun pendukung Palestina.

    Kondisi tersebut membuat sejumlah aktivis pro Palestina geram dan membuat sebuah kampanye untuk memberikan penilaian buruk kepada aplikasi Facebook, caranya dengan memberikan rating bintang satu ke aplikasi di App Store Apple maupun Google. Diketahui bahwa rating satu menandakan bahwa aplikasi tersebut buruk.

     



    Dikutip dari The Verge, kondisi ini diperburuk dengan aksi untuk menghapus aplikasi Facebook dari gadget mereka. Pihak Facebook dilaporkan langsung merespon kondisi ini sangat serius dan menjadi prioritas tingkat tinggi saat ini berdasarkan bocoran laporan internal Facebook.

    Facebook sendiri disebut berusaha menghubungi Apple maupun Google untuk memperbaiki kondisi tersebut seperti menghapus review atau ulasan negatif yang diberikan pada rating bintang satu, namun pihak Apple dikabarkan menolaknya sementara Google masih belum memberikan jawaban.

    Kondisi di App Store Apple dan Play Store Google dikabarkan sama-sama buruk. Aplikasi Facebook mendapatkan nilai total 2,3 bintang dari skor lima bintang. Ratingnya jatuh sangat rendah karena banyak pengguna yang akhirnya memberikan penilaian atau rating bintang satu.

    Menurut informasi yang dikumpulkan Medcom.id, sebuah aplikasi digital yang mendapat rating buruk di platform aplikasi tetap akan tersedia dan bisa diunduh. Namun, kondisi ini akan membuat aplikasi tidak masuk dalam daftar 100 aplikasi maupun 10 aplikasi terbaik atau terpopuler.

    Absennya aplikasi dari posisi tersebut membuat platform seperti App Store maupun Play Store tidak akan menaruhnya di pencarian paling atas atau pertama sehingga kurang mampu menjangkau lebih banyak pengguna.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id