Daftar Harga Paket Data 5G Telkomsel

    Cahyandaru Kuncorojati - 28 Mei 2021 08:50 WIB
    Daftar Harga Paket Data 5G Telkomsel
    Ilustrasi.



    Jakarta: Sesuai janji beberapa hari lalu, tepat pada tanggal 27 Mei 2021 operator seluler Telkomsel sudah meresmikan mengkomersialkan layanan di jaringan 5G kepada publik meskipun saat ini baru ada di beberapa lokasi saja di kawasan Jabodetabek.

    “Hari ini kami memasuki babak baru melalui implementasi 5G, saya ucapkan terima kasih kepada Kominfo karena telah memberikan surat Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) untuk menggelar 5G,” ujar Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro.

     



    Peresmian layanan 5G Telkomsel dilakukan di Telkomsel Smart Office, Jakarta, dengan tajuk “Unlock the Future” dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate dan perwakilan lainnya dari jajaran pemerintahan. 

    “Hari ini merupakan hari bersejarah dalam industri telekomunikasi Indonesia dalam mengawali deployment 5G menandai satu langkah revolusioner untuk perkembangan telekomunikasi dan digitalisasi Indonesia,” ujar Menkominfo Johnny dalam sambutannya.

    Jaringan 5G Telkomsel yang mengandalkan pita frekuensi 2,3 Ghz dan bisa dirasakan dengan smartphone 5G yang mendukung 5G band n40 diketahui baru hadir di beberapa lokasi pemukiman yaitu di kawasan Kelapa Gading dan Pantai Indah Kapuk, Pondok Indah dan Widya Chandra, serta di Bumi Serpong Damai dan Alam Sutera.

    Penyediaan 5G secara bertahap oleh Telkomsel diakui Direktur Network Telkomsel, Nugroho, dilakukan bertahap dengan tahap awal di kawasan yang dinilai potensial. Kota lain yang akan menyusul adalah Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

    5G Telkomsel diklaim lebih kencang dan bisa diandalkan dibandingkan 4G. Kecepatannya diklaim mencapai 20Gbps atau 20 kali lipat lebih cepat dari 4G untuk kecepatan unduh (download).

    Latensinya juga mencapai 1ms atau 10 kali lebih rendah dari 4G serta mampu menyediakan koneksi untuk sekitar satu juta perangkat di radius satu kilometer persegi atau 10 kali lipat dibandingkan 4G.

    Selain memiliki smartphone 5G yang sudah mendukung jaringan 5G band n40 pengguna Telkomsel harus sudah menggunakan kartu SIM yang berbasis 4G. Pelanggan dengan kartu SIM lama atau masih 3G harus menggantinya dulu.

    Direktur Marketing Telkomsel, Rachel Goh juga mengumumkan paket layanan untuk awal perkembangan 5G Telkomsel. Tersedia paket Early Bird 5G harga Rp26 ribu untuk kuota data 126GB. Namun untuk mendapatkan ini ditentukan lewat sistem undangan yang belum dibeberkan prosesnya.

    Paket data tersebut menjanjikan kecepatan hingga 700Mbps hingga tanggal 26 Juli 2021. Belum ada informasi perubahan yang dilakukan setelah tanggal tersebut. Telkomsel juga menyediakan paket layanan 5G untuk pengguna modem rumahan Telkomsel Orbit.

    Paket bernama Telkomsel Orbit Ultra 5G menyediakan pilihan harga mulai dari Rp130 ribu hingga Rp900 ribu untuk paket data terkecil yaitu 100GB, 500GB, dan terbesar 1000GB yang semuanya berlaku selama 30 hari. Kecepatan yang dijanjikan mencapai 400Mbps.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id