Pendiri Wikipedia: Awas Jangan Percaya Wikipedia

    Cahyandaru Kuncorojati - 21 Juli 2021 14:43 WIB
    Pendiri Wikipedia: Awas Jangan Percaya Wikipedia
    Ilustrasi. (iStock)



    Jakarta: Wikipedia selama ini dikenal sebagai ensiklopedi online yang berisi banyak informasi dan menggunakan konsep komunitas untuk memgembangkan konten di dalamnya. Sayangnya, kebebasan tersebut digunakan tanpa tanggung jawab dan kerap menyediakan informasi yang tidak valid.

    Kondisi ini ternyata diakui langsung oleh pendiri Wikipedia yaitu Larry Sanger. Di sebuah wawancara dia mempertanyakan sekaligus memberikan peringatan terkait kebenaran dari informasi yang dimuat pada Wikipedia.

     



    Dikutip dari The Independent, Sanger dalam sebuah wawancara dengan channel Lockdown TV dia menganjurkan orang tidak percaya dengan Wikipedia. Padahal di tahun 2001 Wikipedia diciptakan bersama Jimmy Wales dengan menegaskan sikap tidak berpihak alias netral.

    “Apakah kamu bisa percaya bahwa ini (Wikipedia) akan selalu berisi kebenaran? Sayangnya, ini bergantung kepada apa yang kamu yakini sebagai sebuah kebenaran,” ucap Sanger dalam wawancara tersebut.

    Sanger menjelaskan apabila hanya satu versi fakta yang disediakan, hal ini hanya akan memberikan keuntungan bagi mereka yang kaya dan memiliki kuasa untuk mengendalikan sesuatu seperti Wikipedia untuk mempertegas kekuasaan mereka.

    Sanger memberikan contoh mengenai informasi tentang Presiden Amerika Serikat, Joe Biden di Wikipedia. Dia mengklaim konten di Wikipedia tidak akan berisi informasi dari sudut pandang lawan politiknya yaitu Partai Republik AS.

    “Di artikel Biden, kamu akan melihat bahwa di sini (Wikipedia) hanya memiliki sedikit sudut pandang dari Partai Republik terhadap dirinya. Jadi kamu tidak akan menemukannya artikel tersebut di sini,” ungkap Sanger.

    Sang pendiri Wikipedia juga dengan jujur mengakui bahwa ada sejumlah perusahaan yang diketahui membayar penulis atau editor untuk mengubah artikel di dalam Wikipedia. Jadi Sanger sama sekali merasa Wikipedia tidak sama seperti yang dia harapkan saat pertama kali diciptakan.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id