Youtube Hadirkan Cara Baru untuk Berikan Tip kepada Kreator

    Lufthi Anggraeni - 21 Juli 2021 10:10 WIB
    Youtube Hadirkan Cara Baru untuk Berikan Tip kepada Kreator
    YouTube mempersiapkan alat baru memungkinkan penonton memberikan tip kepada kreator konten.



    Jakarta: Penonton YouTube akan segera memiliki cara baru untuk memberikan dukungan mereka, serta uang mereka, kepada kreator favorit. Alat baru bertajuk Super Thanks yang akan memungkinkan penonton memberikan tip kepada kreator ini tengah diuji di platform.

    Mengutip The Verge, fitur ini memungkinkan pengguna memberikan memberikan penghargaan kepada kreator dengan memilih satu dari empat poin harga antara USD2 hingga USD50, atau setara dengan nilai mata uang regional.

     



    Saat pengguna membeli satu dari empat opsi ini, mereka akan menemukan animasi perayaan di layar dan komentar berwarna dengan nama mereka yang muncul di bawah video, di bagian komentar. Kreator akan dapat merespon pesan tersebut dengan cara yang sama seperti komentar reguler.

    youTube telah menguji alat ini dengan nama berbeda, yaitu Viewer Applause, selama satu tahun terakhir. Kini bernama Super Thanks, fitur ini telah tersedia dalam versi beta di 68 negara di desktop, Android dan iOS.

    Super Thanks merupakan opsi keempat yang ditambahkan YouTube untuk memungkinkan penonton memberikan bayaran kepada kreator. Platform ini juga menawarkan keanggotaan pada saluran, memungkinkan kreator menawarkan biaya berlangganan bulanan.

    Selain itu, tersedia juga opsi Super Stickers dan Super Chat, yang memungkinkan penonton untuk memberikan tip di chat selama siaran langsung. Seperti Super Stickers dan Chat yang berfungsi di feed langsung, Super Thanks juga dapat digunakan penonton di seluruh medium unggahan.

    Tidak hanya hadir dengan empat opsi jumlah pembayaran yang dapat dipilih pengguna, Youtube menilai kemampuan untuk memberikan jumlah uang secara manual menjadi hal menarik yang ingin ditambahkannya pada fitur ini di kemudian hari.

    Selama fase awal pengujian, YouTube hanya menghadirkan satu opsi harga, namun kreator menyampaikan kepada perusahaan tersebut bahwa penonton menginginkan lebih banyak pilihan saat menampilkan dukungan mereka kepada saluran yang mereka nikmati.

    YouTube membayar kreator yang memenuhi kriteria dengan sebagian dari pendapatan iklan  yang ditampilkan di video mereka. Namun saluran pendapatan ini tidak dapat diandalkan, dan telah menurun dalam jumlah signifikan secara berkala saat pengiklan mengundurkan diri dari YouTube selama tertimpa kontroversi.

    Memberikan kreator opsi untuk memperoleh bayaran secara langsung dari penonton menawarkan peluang saluran pendapatan tambahan sehingga tidak sepenuhnya bergantung pada pendapatan iklan.

    Kreator harus menjadi bagian dari YouTube Partner Program untuk dapat menerima akses ke Super Thanks. YouTube menyebut bahwa peluncuran beta ini akan digulirkan secara random, sebelum diterima ke seluruh anggota Partner Program pada akhir tahun ini.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id