Intel Rayakan Hari Jadi ke-50 Intel 4004, Mikroprosesor Pertama di Dunia

    Cahyandaru Kuncorojati - 17 November 2021 21:10 WIB
    Intel Rayakan Hari Jadi ke-50 Intel 4004, Mikroprosesor Pertama di Dunia
    CEO Intel, Pat Gelsinger memamerkan Intel 4004.



    Jakarta: Nama Intel pasti familiar di kalangan pengguna komputer. Meskipun bukan satu-satunya pemain di industri ini tapi nama Intel sudah sejak lama tertanam di kepala orang sebagai merek pembuat prosesor ternama dengan yang dipercaya konsumen karena kualitas performanya.

    Kemarin, Intel melakukan perayaan momen penting dalam sejarah inovasi buatannya. Mereka merayakan hari jadi ke-50 tahun dari mikroprosesor seukuran kuku jari bernama Intel 4004 yang merupakan mikroprosesor pertama di dunia.

     



    “Tahun ini menandai ulang tahun ke-50 chip 4004. Bisa dipikirkan berapa banyak yang telah kita capai dalam setengah abad terakhir. Ini adalah momen sakral bagi teknologi. Inilah yang membuat komputasi benar-benar tinggal landas!” ujar CEO Intel, Pat Gelsinger.

    Intel 4004 diluncurkan pertama kali tahun 1971. Perangkat kecil ini diklaim menjadi nenek moyang kemampuan komputasi modern saat ini yang memungkinkan lahirnya teknologi baru seperti cloud computing dan edge computing hingga artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

    Lahirnya Intel 4004 sendiri didorong oleh permintaan perusahaan Nippon Calculating Machine Corp di tahun 1969 yang membutuhkan sebuah komponen circuit terintegrasi untuk kebutuhan prototipe teknis kalkulator mereka yaitu Busicom 141-PF.

    Tim Intel yang dipimpin oleh Frederico Faggin bersama Tedd Hoff dan Stan Major kemudian merancang satu mikroprosesor yang di dalamnya terdiri empat chip yang awalnya adalah 12 custom chip. 

    Di sini tercipta Intel 4004 sebuah chip seukuran kuku jari yang memiliki kemampuan sekelas komputer elektronik pertama di dunia pada tahun 1946 yang saat itu ukurannya masih sebesar satu ruangan.

    “Jelas sekali bahwa mikroprosesor akan mengubah cara kita mendesain sistem, beralih dari penggunaan hardware ke software. Namun, kecepatan perkembangan mikroprosesor dari waktu ke waktu dan mikroprosesor digunakan oleh industri, benar-benar mengejutkan,” ujar Faggin.

    Kini Intel terus berinovasi dan baru saja merilis prosesor desktop Intel Generasi ke-12 alias Alder Lake serta sejak beberapa tahun belakangan mereka menambah varian atau SKU yaitu Intel Core i9 yang memiliki performa paling tinggi, bukan lagi terbatas di Core i7.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id