XL Axiata Kembali Uji Coba Teknologi 5G

    Lufthi Anggraeni - 23 Agustus 2019 08:15 WIB
    XL Axiata Kembali Uji Coba Teknologi 5G
    XL Axiata kembali melakukan uji coba jaringan 5G ketiga untuk wilayah Jakarta.
    Jakarta: XL Axiata kembali melakukan uji coba jaringan 5G ketiga untuk wilayah Jakarta. Pengujian ini menitikberatkan pada pengujian angka latensi guna menunjukan potensi jaringan generasi kelima di masa mendatang.

    "Pengujian ini disebut versi 2, yang fokus ke latency. Kami uji coba pakai hologram, karena hologram memakan data yang jauh lebih besar," Chief Technology Officer XL Axiata Yessie D. Yosetya.

    Pengujian ini dilakukan dengan memanfaatkan komunikasi virtual via hologram, yang terhubung dengan jaringan 5G. Penggunaan hologram ini menjadi salah satu cara pembuktian soal stabilitas dan kecepatan 5G, sebab hologram tidak dapat terjadi tanpa dukungan jaringan dan bandwidth besar.

    Pada uji coba ini, XL Axiata menggunakan pita frekuensi 28GHz dengan bandwidth 100MHz. Selain itu, uji coba jaringan 5G ini juga mendapatkan dukungan dari Ericsson Indonesia sebagai penyedia teknologi 5G.

    XL Axiata menyebut juga telah mengantongi izin khusus dari Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk melakukan uji coba ini.

    Uji coba juga kembali dilaksanakan XL Axiata guna lebih mengenal berbagai aspek teknologi jaringan 5G serta peluang untuk mengimplementasikannya di jaringan milik perusahaannya.

    Secara teknis, uji coba ini melibatkan perangkat 5G dari sisi radio, antenna hingga core dan diimplementasikan melalui panggilan telepon holografik. Panggilan telepon holografik ini akan dapat dimanfaatkan untuk pertemuan dan kolaborasi tanpa terbatas ruang dan waktu.

    Pada implementasinya, XL Axiata memprediksi panggilan telepon holografik di jaringan 5G akan memungkinkan digunakan untuk pertemuan jarak jauh, untuk berbagai sektor baik dari sisi industrial dan bisnis, maupun perorangan misalnya di sektor pendidikan, kesehatan dan lainnya. Sehingga dapat mendorong produktivitas SDM Indonesia.

    Menyoal program fiberisasi, program ini disebut XL Axiata menjadi salah satu langkah yang dilakukannya dalam mempersiapkan jaringan 5G.

    Secara teknis, fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan Base Transceiver Station (BTS) melalui jalur fiber, termasuk sekaligus melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS.

    Hingga saat ini, fiberisasi jaringan XL Axiata sudah terlaksana di semua ibu kota provinsi dan kota-kota besar di Jawa, Madura, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok. Hingga akhir tahun 2019, XL Axiata menargetkan sebesar 50 persen BTS telah terhubung dengan jaringan fiber, dan sekitar 60 hingga 70 persen pada akhir tahun 2020.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id