Apple Berencana Hidupkan Lagi iPhone Murah - Medcom

    Apple Berencana Hidupkan Lagi iPhone Murah

    Cahyandaru Kuncorojati - 05 September 2019 10:58 WIB
    Apple Berencana Hidupkan Lagi iPhone Murah
    Desain iPhone SE seri terdahulu.
    Jakarta: Apple tampaknya sadar akan ancaman dominasi Samsung dan Huawei di pasar smartphone. Beredar kabar bahwa Apple berencana merilis iPhone yang kali ini benar-benar murah alias terjangkau yaitu iPhone SE.

    Seperti yang diketahui bahwa iPhone SE terakhir kali hadir pada tahun 2016 dan di Amerika Serikat dipatok harga USD399 atau kisaran Rp5,6 juta. Langkah ini dilakukan Apple untuk mengambil pasar smartphone yang dikuasai Samsung dan Huawei karena mampu menyediakan varian harga terjangkau.

    Dikutip dari Nikkei Asian Review, pihak Apple menyadari bahwa untuk pertama kalinya perusahaannya mengalami penurunan dalam pengiriman iPhone sejak tahun lalu, menurut data IDC. Posisi Apple di pangsa pasar smartphone global merosot disalip oleh Samsung dan Huawei.

    Meskipun dilaporkan bahwa pengiriman smartphone di global mengalami penurunan massal tapi Apple termasuk yang paling terpuruk dibanding kuartal atau beberapa tahun sebelumnya

    Efek perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok juga memperburuk bisnis Apple mengingat iPhone masih mengandalkan fasilitas manufaktur di Tiongkok. Sewajarnya Apple menyadari bahwa harga produk menjadi faktor sensitif yang ikut berpengaruh terhadap lesunya bisnis mereka.

    Belum ada informasi terkait nama dari iPhone SE terbaru yang akan dirilis. Rumor menyebutkan bahwa varian ini akan hadir mengusung layar ukuran 4,7 inci ala iPhone 8 yang dirilis pada tahun 2017. Kemudian hanya terdapat satu kamera belakang dan didukung memori internal 128GB.

    Dari sisi strategi, rencana Apple dengan merilis iPhone SE juga berpotensi sebagai peluan untuk mendapatkan pengguna setia produk Apple yang baru. Laporan sebelumnya menyebut banyak pengguna iPhone yang bertahan untuk tidak membeli iPhone terbaru karena harganya yang semakin mahal.

    Varian iPhone SE terakhir yang dirilis pada 2016 dilaporkan terjual mencapai 40 juta unit sebelum akhirnya dihentikan produksinya pada akhir 2018. Di tahun 2018 sendiri beredar kabar Apple akan memproduksi iPhone SE khusus pasar India tapi belum terwujud hingga saat ini.

    iPhone SE terbaru direncanakan akan dirilis pada tahun 2020. Pada 10 September nanti Apple bakal menggelar acara perkenalan iPhone terbarunya yang selama ini disebut sebagai iPhone 11.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id