YouTuber PewDiePie Diblokir di Tiongkok

    Cahyandaru Kuncorojati - 22 Oktober 2019 08:16 WIB
    YouTuber PewDiePie Diblokir di Tiongkok
    PewDiePie. (YouTube)
    Jakarta: YouTuber terkaya PewDiePie yang memiliki nama asli Felix Kjellberg dipastikan tidak bisa ditemukan di YouTube kawasan Tiongkok. Kabarnya dia masuk dalam daftar pemblokiran oleh pemerintah negara tersebut.

    Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh penggemar PewDiePie di Tiongkok. PewDiePie sendiri sudah mengaku sudah memprediksinya dan membenarkan bahwa dirinya diblokir pemerintah Tiongkok. Dia juga mengetahui alasan dibalik pemblokiran dirinya.

    Dikutip dari Polygon, PewDiePie diketahui menyingung soal protes masyarakat Hong Kong terhadap Tiongkok dalam beberapa video yang diunggahnya. Mengingat di Tiongkok konten internet sangat diawasi, dipastikan PewDiePie masuk dalam catatan pemerintah Tiongkok.

    Dalam video terbarunya, PewDiePie memperlihatkan sebuah screenshot pencarian namanya di platform YouTube di Tiongkok. Disebutkan bahwa dia mendapatkan dari penggemar di Tiongkok. Dari bukti tersebut diperlihatkan bahwa tidak ada hasil pencarian yang berkaitan dengan kata kunci pencarian "pewdiepie".

    Jadi, channel YouTube PewDiePie tidak bisa ditemukan sama sekali. Tidak tanggung, dalam video terbarunya PewDiePie menyindir Tiongkok seperti netizen di platform Twitter.

    "Tiongkok seperti seseorang di Twitter yang tidak bisa menerima kritik dan memilih untuk memblokir siapapun yang mengkritiknya," kata PewDiePie dalam video yang diunggah pada 16 Oktober 2019.

    "Saya hanya bisa tertawa. Mohon Maaf apabila Anda berada di Tiongkok dan mencoba menonton video saya. Ya, ini payah sekali," ucap PewDiePie dalam video yang diunggahnya kemarin.

    Dalam video terbarunya dia juga menyingung sanksi Blizzard yang diterima pro player game Hearthstone asal Hong Kong karena menyuarakan dukungannya.
     

    Hal paling aneh menurut PewDiePie adalah dirinya tidak bisa melakukan gugatan atas sebuah merek di Tiongkok yang menggunakan namanya. Dalam unggahan di akun Twitter, PewDiePie memperlihatkan bukti sebuah merek pakaian asal Tiongkok yang menggunakan namanya di tahun 2017.

    "Tiongkok mengambil alis hak cipta PewDiePie di 2017 tanpa saya dapat hentikan, kemungkinan saat ini mereka tidak akan bisa lagi menjual gaun pernikahan merek PewDiePie," tulis PewDiePie.

    Meskipun tidak bisa diakses di Tiongkok, namun penggemar setia PewDiePie di negara tersebut tampaknya tidak peduli. Akun Twitter bernama @Xxmiaomiao menyebut penggemar PewDiePie di Tiongkok mencapai 600.000 penggemar.
     

    Para penggemar tersebut diketahui mereproduksi atau menggandakan video YouTube dari PewDiePie yang mereka unduh dan mengunggahnya kembali di video buatan Tiongkok, bukan di YouTube.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id