Oracle Cloud Day Ajak Pelaku Bisnis Terapkan Komputasi Awan

    Riandanu Madi Utomo - 10 November 2016 14:28 WIB
    Oracle Cloud Day Ajak Pelaku Bisnis Terapkan Komputasi Awan
    Acara Oracle Cloud Day di Jakarta: Kamis (10/11/2016). MTVN/DANU



    medcom.id, Jakarta: Oracle menggelar acara Oracle Cloud Day ada hari ini, Kamis (10/11/2016), di Jakarta. Dalam acara tersebut, Oracle mengatakan penggunaan cloud di dunia semakin meningkat.

    Saat ini, sudah sekitar 10 persen perusahaan yang telah menggunakan solusi cloud computing di perusahaannya. Tren ini diperkirakan terus meningkat dan juga akan semakin diadopsi oleh berbagai perusahaan di Indonesia.

     



    "10 persen, itu adalah jumlah perusahaan yang telah beralih ke cloud hingga saat ini," ujar Director Cloud Platform ASEAN/SAGE Oracle, Kirsten Gilberston. "Indonesia juga akan mengikuti tren tersebut ke depannya."

    Menurut Gilberston, ada beberapa alasan mengapa perusahaan di Indonesia masih belum mau beralih menggunakan sistem cloud. Beberapa alasan tersebut adalah biaya, infrastruktur, kendali dan keamanan, serta regulasi pemerintah. Beberapa alasan tersebut memang merupakan tantangan bagi penyedia layanan cloud seperti Oracle. 

    Untuk menghadapinya, Oracle telah mempersiapkan beberapa solusi di antaranya adalah Bare Metal Server dan Oracle Machine. Oracle Bare Metal Server merupakan solusi untuk perusahaan yang mengadopsi sistem mission critical. Solusi tersebut juga telah mendukung berbagai teknologi dan aplikasi seperti VMWare sehingga memudahkan perusahaan untuk melakukan migrasi dari sistem lokal ke cloud.

    Sementara Oracle Machine merupakan solusi bagi perusahaan yang ingin menghadirkan sistem hybrid cloud di perusahaannya. Sistem hybrid cloud memungkinakn data dan beberapa sistemnya ditempatkan secara lokal, sehingga perusahaan memiliki kontrol penuh terhadap data dan sistemnya. 

    Oracle mengatakan sistem hybrid cloud ini merupakan solusi yang tepat bagi perusahaan di Indonesia yang memiliki regulasi khusus dalam penerapan cloud, terutama mengenai regulasi penyimpanan data. Oracle Machine juga hadir dengan sistem kode program dan hardware yang sama yang diterapkan oleh masing-masing perusahaan sehingga akan semakin mudah diterapkan.

    Cloud sendiri digadang sebagai masa depan bagi bisnis. Menurut Country Managing Director Oracle Indonesia, Erwin Sukiato, cloud akan mengubah model bisnis perusahaan di Indonesia.

    "Cloud akan mengubah model bisnis perusahaan. Cloud juga akan mengubah sebuah perusahaan dalam menghadirkan produknya," ujar Erwin.

    Salah satu keunggulan cloud yang menurut Erwin akan sangat menguntungkan perusahaan adalah sifatnya yang memiliki skalabilitas tinggi. Perusahaan hanya perlu membayar sebesar yang mereka butuhkan sehingga bsia menekan biaya operasional.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id