Hacker Klaim Bisa Curi Password WhatsApp

    Lufthi Anggraeni - 02 Juni 2020 14:10 WIB
    Hacker Klaim Bisa Curi Password WhatsApp
    Pengguna WhatsApp harus berhati-hati terhadap modus penipuan baru, menyamar sebagai tim teknis resmi.
    Jakarta: Aplikasi pesan instan populer, WhatsApp, tengah menghadapi metode penipuan baru, mendorong pengguna untuk memberikan One Time Password (OTP) aplikasi mereka. Pelaku kejahatan ini mengaku sebagai tim teknis WhatsApp dan menggunakan logo resmi sebagai foto profil.

    Pengguna WhatsApp diimbau untuk mengabaikan pesan yang meminta password dengan alasan apapun. Situs WABetaInfo menerima permintaan penyelidikan dari pengguna terkait dengan pesan mencurigakan yang mereka terima via chat dari pengguna yang menamai diri mereka, WhatsApp.

    Dalam pesan tersebut, mereka berperilaku sebagai tim teknis WhatsApp dan meminta kode verifikasi yang diterima pengguna saat mengaktifkan akun WhatsApp pada perangkat baru. Kode ini akan memungkinkan proses peretasan ke dalam akun WhatsApp personal.

    Setiap kali pengguna mendaftarkan perangkat, mereka harus memasukan OTP untuk dapat mulai menggunakan WhatsApp. Proses verifikasi ini ditujukan untuk menghalangi peretas dalam memasuki akun pengguna.

    WABetaInfo mengklaim bahwa WhatsApp jarang menggunakan akun WhatsApp resmi mereka untuk menyampaikan pesan. Apabila perusahaan aplikasi pesan instan mengirimkan pesan, pesan tersebut akan dikirimkan melalui akun terverifikasi.

    Untuk dapat mengenali akun terverifikasi, pengguna dapat memperhatikan ikon centang berwarna hijau di sebelah nama akun. WhatsApp mengklaim mereka tidak pernah meminta informasi sensitif dan personal seperti password untuk alasan apapun.

    Bahkan jika pengguna masuk ke dalam jebakan seperti modus penipuan tersebut dan kehilangan akses ke akun WhatsApp, mereka dapat melakukan proses verifikasi ulang akun dan mengklaimnya kembali. Untuk saat ini, WhatsApp hanya dapat digunakan pada satu perangkat.

    Aplikasi pesan instan ini tengah berupaya untuk meningkatkan dukungan sehingga dapat digunakan di lebih dari satu perangkat di masa depan. Baru-baru ini, fitur tersebut ditemukan pada versi beta dari aplikasi WhatsApp.

    Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk masuk ke dua perangkat berbeda dengan akun yang sama. Sebelumnya, Facebook Messenger Rooms yang diluncurkan pada bulan April 2020 lalu telah diintegrasikan pada aplikasi WhatsApp.

    Menurut laporan WABetaInfo, Facebook telah mengintegrasikan Messenger Rooms pada WhatsApp versi Android dengan beta 2.20.163. Update ini menghadirkan opsi Room baru pada menu Share di dalam percakapan.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id