Seperti Apa Kamera ASUS ZenFone 4 Selfie Pro?

    Ellavie Ichlasa Amalia - 25 Oktober 2017 19:23 WIB
    Seperti Apa Kamera ASUS ZenFone 4 Selfie Pro?
    ASUS Zenfone 4 Selfie Pro. (MTVN)



    medcom.id, Jakarta: Memang, besar megapiksel sebuah kamera ponsel menentukan kualitas hasil foto. Namun, besar megapiksel bukanlah satu-satunya faktor yang harus memengaruhi kualitas gambar. Ada faktor lain yang akan memengaruhi hasil foto, seperti sensor. 

    Dalam acara peluncuran ZenFone 4 Selfie dan Selfie Pro, Andrew Chan, ASUS HQ Technical PR Manager berani mengklaim bahwa Zenfone 4 Selfie Pro merupakan salah satu smartphone yang dapat menghasilkan swafoto terbaik dalam keadaan cahaya redup.

     



    Salah satu alasannya karena ZenFone 4 Selfie Pro memiliki aperture yang lebih besar jika dibandingkan dengan pesaing. ZenFone 4 Selfie pro memiliki aperture f/1.8. Sementara Oppo F3 Plus dan Vivo V5 Plus, yang juga memiliki dua kamera depan, memiliki aperture f/2.0.

    Lebih lanjut Andrew menjelaskan, faktor lain yang memengaruhi hasil kualitas foto adalah sensor. ASUS menggunakan sensor Sony IMX362 untuk ZenFone 4 Selfie Pro. Sensor itu adalah sensor yang sama yang digunakan oleh Samsung pada kamera Galaxy S8.

    Sensor itu memiliki pixel dengan ukuran 1.4 mikrometer. Sementara, Andrew menyebutkan, ponsel biasanya memiliki sensor dengan ukuran pixel sekitar 1,0-1,2 mikrometer. Padahal, semakin besar ukuran pixel sensor, maka semakin sensitif pula sensor itu pada cahaya.

    Artinya, semakin besar ukuran pixel, semakin bagus gambar yang diambil pada keadaan redup. Terakhir, ujar Andrew, ASUS melengkapi ZenFone 4 Selfie Pro dengan SuperPixel Engine yang berfungsi untuk "membersihkan derau". 

    Seperti Apa Kamera ASUS ZenFone 4 Selfie Pro?
    Galip Fu membandingkan hasil foto dengan kamera depan Zenfone 4 Selfie Pro dengan dua pesaingnya. (MTVN)

    Meskipun ASUS mengunggulkan kamera depan pada jajaran ZenFone 4 Selfie, mereka juga melengkapi ponsel ini dengan mode profesional pada kamera belakang yang cukup canggih. Andrew bahkan mengklaim bahwa mode profesional pada semua ZenFone merupakan salah satu mode pengaturan yang paling lengkap. Misalnya shutter speed, ASUS menyediakan kecepatan mulai dari 1/10000 detik sampai 32 detik. 

    "Begitu Anda sudah mempelajari cara menggunakan mode profesional, mempelajari fotografi, Anda bisa menggunakan kamera ponsel Anda untuk mengambil gambar seperti apapun yang Anda inginkan," kata Andrew.

    "Jangan menggantungkan diri pada smartphone untuk memutuskan mode apa yang harus Anda gunakan."

    Sayangnya, tidak semua orang tahu tentang prinsip fotografi. Karena itulah, ASUS menyediakan material pembelajaran fotografi. Salah satunya dalam bentuk video yang diunggah ke YouTube. Selain itu, melalui forum ZenTalk, para pengguna ZenFone juga bisa berdiskusi tentang cara memaksimalkan mode profesional yang ada pada smartphone miliknya. 

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id