Imuwan Temukan 7 Planet Mirip Bumi dalam Satu Sistem Tata Surya

    Riandanu Madi Utomo - 25 Oktober 2017 09:40 WIB
    Imuwan Temukan 7 Planet Mirip Bumi dalam Satu Sistem Tata Surya
    Ilmuwan baru saja menemukan 7 planet baru yang mirip dengan Bumi (Foto: NASA)
    medcom.id: Ilmuwan kembali menemukan planet yang mirip dengan Bumi. Menurut Futurism, ilmuwan dari European Southern Observatory dan NASA menemukan sebuah sistem tata surya baru. Menariknya, sistem tata surya tersebut memiliki setidaknya 7 planet yang mirip dengan Bumi.

    Menurut Futurism, tiga planet tersebut berada di Habitable Zone. Jika Anda masih belum mengenal istilah tersebut, Habitable Zone merupakan zona aman bagi sebuah planet agar bisa menyokong kehidupan.

    Zona tersebut memiliki posisi layaknya Bumi, yaitu tidak terlalu jauh dengan bintang di sistem tata suryanya atau terlalu dekat. Tiga planet ini ditengarai memiliki laut seperti halnya Bumi.

    Sementara empat planet lainnya diketahui tidak memiliki laut seperti di Bumi. Meski demikian, keempatnya diperkirakan masih memiliki air, dan kemungkinan bisa ditinggali oleh makhluk hidup. Ini adalah pertama kalinya manusia Bumi menemukan kumpulan planet yang mirip dengan Bumi di sebuah sistem ata surya.

    Sistem tata surya tersebut diketahui memiliki jarak 40 tahun cahaya dari Bumi. Dalam skala kosmik, jarak tersebut tergolong sangat dekat. Meski demikian, untuk mencapai tempat tersebut dibutuhkan waktu hingga ratusan juta tahun dengan teknologi yang ada saat ini.

    Untuk mempelajari keberadaan sistem tata surya tersebut, ilmuwan kini terus melakukan penelitian menggunakan berbagai teleskop di permukaan Bumi dan di luar angkasa, termasuk Hubble.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id