Pemerintah Usut Peredaran Sertifikat Vaksinasi Jokowi

    Lufthi Anggraeni - 03 September 2021 16:11 WIB
    Pemerintah Usut Peredaran Sertifikat Vaksinasi Jokowi
    Pemerintah menegaskan akan mengusut peredaran sertifikat vaksinasi Presiden Joko Widodo yang beredar di internet.



    Jakarta: Media sosial tengah diramaikan oleh peredaran sertifikat vaksinasi Covid-19 milik Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pemerintah, melalui tiga kementerian terkait, tengah menelusuri dan menginvestigasi sertifikat tersebut.

    Tiga lembaga pemerintah, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) tengah berkoordinasi dan mengaku akan segera mengungkapkan informasi terkait sertifikat tersebut.

     



    Namun, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menegaskan bahwa aplikasi PeduliLindungi dalam kondisi aman dan tidak mengalami kebocoran data, serta data yang berada di cloud Kominfo dimigrasi ke data center Kominfo.

    Sementara itu, sertifikat vaksinasi Jokowi tidak hanya memuat nama, juga mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), tanggal lahir, dan barcode berisi data pribadi. Surat keterangan vaksinasi Covid-19 itu menyatakan bahwa Jokowi telah divaksinasi untuk dosis kedua pada tanggal 27 Januari 2021.

    Pada vaksinasi kedua perangkat pada 27 Januari 2021 ini, Jokowi menggunakan CoronVac, atau vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Selain itu, di bagian bawah sertifikat tersebut ini mencantumkan logo KPC-PEN, Kementerian Kominfo, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian BUMN.

    Selain sertifikat, informasi lain yang beredar di internet termasuk nomor HP ajudan Presiden. Namun hingga saat artikel ini ditulis, pemerintah belum mengeluarkan informasi lebih detail terkait dengan permasalahan ini.

    Sementara itu, pengamat media sosial dan pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi, sertifikat vaksin Jokowi yang bocor di internet asli. Sebab aplikasi Peduli Lindungi memungkinkan pengguna meminta bantuan orang lain untuk mengunduhnya dari aplikasi, selama mengetahui NIK, tanggal lahir, tanggal vaksinasi dan jenis vaksinnya.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id