Apple Ingin Manfaatkan AR untuk Optimalkan Percakapan

    Lufthi Anggraeni - 06 April 2021 14:54 WIB
    Apple Ingin Manfaatkan AR untuk Optimalkan Percakapan
    Tim Cook menekankan bahwa teknologi Augmented Reality menjadi teknologi penting bagi masa depan Apple.



    Jakarta: CEO Apple Tim Cook hampir jarang menyediakan informasi mendetail menyoal produk yang belum secara resmi diluncurkan, namun ia menawarkan sejumlah petunjuk terkait pemikiran Apple menyoal Augmented Reality dan mobil pada wawancara dengan The New York Times.

    Menyoal Augmented Reality (AR), Cook sepakat dengan pendapat jurnalis The New York Times Kara Swisher, bahwa teknologi ini sangat penting bagi masa depan Apple. Cook juga menyebut bahwa teknologi ini dapat digunakan untuk meningkatkan performa percakapan, seperti laporan The Verge.






    Cook mengungkap bahwa dirinya membayangkan AR digunakan pada bidang kesehatan, pendidikan, ritel dan gaming. Cook mengaku telah menemukan manfaat AR di bidang tersebut melalui penggunaan ponsel.

    Selain itu, Cook juga menyebut bahwa teknologi tersebut akan lebih menjanjikan di masa depan. Sebagai informasi, selama beberapa tahun terakhir Apple dirumorkan tengah mengembangkan perangkat AR, dan bocoran informasi terbaru mengindikasikan perangkat Mixed Reality (MR) akan meluncur pada tahun 2022 mendatang.

    Fitur AR telah tersedia di iPhone dan iPad, namun selain sejumlah filter Snapchat menyenangkan, penggunaan AR belumlah seluas harapan berbagai pihak. Cook juga membahas secara umum soal pendekatan Apple terhadap produk dalam menanggapi pertanyaan soal mobil.

    Bocoran informasi dari Apple tidak menjelaskan apabila perusahaan yang juga didirikan oleh Steve Jobs tersebut mengembangkan teknologi kemudi otonom yang dapat dipinjamkan via lisensi kepada perusahaan lain, atau rencana Apple untuk mengembangkan mobil secara keseluruhan dan mandiri.

    Komentar terakhir Cook mengindikasikan Apple berencana untuk mengembangkan mobil secara keseluruhan dan mandiri, dengan asumsi bahwa proyek ini akan menjadi nyata. Cook menyebut bahwa perusahaannya menyukai hardware, software, dan layanan terintegrasi.

    Menemukan titik temu antara ketiga faktor tersebut, lanjut Cook, merupakan titik keajaiban dapat tercipta, merupakan hal yang sangat disukai Apple. Karenanya, Cook menegaskan bahwa Apple juga ingin memiliki teknologi utama terkait integrasi tersebut.

    Cook merujuk autonomi sebagai teknologi utama dan menyebut bahwa banyak hal yang dapat diciptakan dengan teknologi tersebut saat terhubung dengan robot. Namun Cook memperingatkan bahwa tidak setiap proyek Apple akan menjadi produk yang dikapalkan.

    Apple tengah melakukan investigasi banyak hal secara internal, dan banyak dari hal tersebut yang tidak terwujud dalam produk nyata, meski Cook menegaskan bahwa dirinya tidak memberikan petunjuk bahwa ide yang diungkapkannya merupakan salah satu dari proyek itu.

    Swisher juga bertanya kepada Cook terkait dengan komentar Elon Musk menyoal kegagalan upaya untuk mendiskusikan penjualan Tesla kepada Apple pada tahun 2017. Cook menanggapi bahwa dirinya tidak pernah berbicara dengan Musk, meski mengaku memiliki kekaguman dan rasa hormat besar terhadap perusahaan yang dibangunnya.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id