Solar Charging Jadi Salah Satu Fitur Unggulan Garmin

    Lufthi Anggraeni - 29 September 2020 14:59 WIB
    Solar Charging Jadi Salah Satu Fitur Unggulan Garmin
    Garmin mengunggulkan sejumlah teknologi inovatif pada smartwatch terbarunya, termasuk Solar Charging.
    Jakarta: Garmin meluncurkan smartwatch yaitu seri Instinct dan fenix 6, terdiri dari Instinct Tactical, Instinct Surf Edition, fenix 6 Pro Solar, fenix 6s Pro Solar, dan fenix 6X Pro Solar, dengan dukungan teknologi solar untuk mengisi daya baterai.

    Sebagai informasi, teknologi pengisian daya baterai via sinar matahari ini telah digunakan Garmin sejak tahun 2019 lalu, dan pertama kali mendukung jam tangan cerdas karyanya bertajuk fenix 6X Pro Solar. Menjadi bintang utama, Garmin juga membekali sejumlah fitur versi baru pada smartwatch terbarunya.

    Sesuai dengan namanya, produk Garmin di seri Solar Edition ini mengunggulkan teknologi pengisian daya via sinar matahari atau Solar Charging, berupa panel surya di bagian layar. Panel surya ini mengusung tingkatan fotovoltaik 100 persen.

    Tingkatan ini mengindikasikan bahwa panel mampu menangkap sinar matahari secara penuh untuk diubah menjadi tenaga listrik. Dengan demikian, Garmin mengklaim smartwatch akan didukung dengan daya baterai dua kali lebih lama jika dibandingkan dengan perangkat pendahulunya.

    Garmin menjelaskan bahwa penggunaan teknologi ini ditujukan untuk menjaga fokus pengguna pada kegiatan yang mereka sukai, tanpa perlu mengkhawatirkan sisa daya pada baterai smartwatch. Namun, Garmin tidak hanya terfokus pada teknologi terkait daya baterai, tapi juga tenaga pada tubuh pengguna.

    Teknologi ini dihadirkan melalui fitur Body Battery, berkemampuan untuk mengolah data dengan mengombinasikan data detak jantung, tingkat stres, dan catatan aktivitas. Pengolahan data ini ditujukan untuk memperkirakan cadangan energi di tubuh pengguna sepanjang hari.

    Garmin menyebut bahwa dengan fitur ini, pengguna akan dapat mengetahui waktu mereka harus beristirahat atau waktu masih dapat beraktivitas. Dengan usungan skala interval 1-100, angka tinggi yang ditampilkan fitur ini mengindikasikan pengguna masih dapat beraktivitas, sedangkan angka rendah mengindikasikan pengguna seharusnya berhenti dan beristirahat.

    Fitur lain yang juga diunggulkan Garmin pada rangkaian smartwatch terbarunya yaitu Pulse Ox. Fitur ini disebut sebagai metode ditujukan untuk mengukur saturasi oksigen dalam darah pengguna, dan berkemampuan untuk memberikan informasi persentase darah teroksidasi atau SpO2.

    Dengan memahami jumlah SpO2 dalam tubuh, Garmin berharap pengguna lebih memahami reaksi tubuh pada kondisi tertentu serta mengetahui indikasi perubahan terkait kesehatan mereka. Selain itu, Garmin juga berharap bahwa fitur Pulse Ox mampu membantu pengguna mendeteksi salah satu gejala Covid-19.

    Sebagai pengingat, salah satu gejala Covid-19 adalah rendahnya tingkat saturasi oksigen dalam tubuh. Hal ini dilaporkan kerap tidak dirasakan secara langsung oleh penderita penyakit yang disebabkan oleh virus corona tersebut.

    Namun Garmin menegaskan bahwa smartwatch karyanya dengan dukungan berbagai fitur ini tidak menjadikannya sebagai alat medis, meski diklaim memungkinkan pengguna untuk menjadikan data hasil rekaman berbagai fitur itu sebagai acuan saat melakukan pemeriksaan ke rumah sakit.

    Dan Garmin memasarkan Solar Edition Instinct dan fenix 6 di Urban Republic, Garmin Brand Store dan gerai Garmin, seharga retail dari Rp5.999.000 untuk Instinct Solar Edition dan Rp13.499.000 untuk f?nix 6S dan fenix 6 Solar Editions.

    Smartwatch solar edition Garmin juga hadir dengan sejumlah pilihan warna. Garmin Instinct Solar tersedia dengan pilihan warna Graphite, Tidal Blue, Orchid, Sunburst, dan Flame Red, sedangkan Instinct Solar - Tactical Edition, tersedia dengan warna Hitam, Moss, Graphite Camo, dan Lichen Camo.

    Garmin Instinct Solar - Surf Edition tersedia dalam pilihan warna Pipeline dan Cloudbreak, serta f?nix 6 Pro Solar Edition dalam warna Hitam dengan Slate Grey Band dan Cobalt Blue dengan Whitestone Band. Garmin f?nix 6S Pro Solar Edition tersedia dalam Light Gold dengan Shale Grey Band dan Purple dengan Shale Band.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id