Ingin Saingi Instagram, Pinterest Tertarik Akuisisi VSCO

    Lufthi Anggraeni - 07 April 2021 10:59 WIB
    Ingin Saingi Instagram, Pinterest Tertarik Akuisisi VSCO
    Pinterest dilaporkan berencana untuk mengakuisisi aplikasi edit gambar dan video, VSCO.



    Jakarta: Pinterest dilaporkan berencana untuk mengakuisisi aplikasi edit foto dan video VSCO, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan platform tersebut dalam menyaingi platform media sosial Instagram.

    Mengutip New York Times, pembahasan terkait akuisisi ini tengah berlangsung dan salah satu fokus akuisisi ini adalah menyoal harga. Sebagai informasi, Pinterest memiliki kapitalisasi pasar sekitar USD49 miliar (Rp711 triliun).






    Sementara itu, VSCO telah menghimpun pendanaan sebesar USD90 juta (Rp1,3 triliun) dan memiliki nilai sebesar USD55 juta (Rp7,9 triliun). Saat ini, VSCO memiliki sebanyak 100 juta pengguna, dan dua juta di antaranya merupakan pelanggan berbayar.

    Sejumlah pihak mengkhawatirkan akuisisi ini tidak akan terwujud sebab kapitalisasi yang dimiliki kedua perusahaan tersebut. Sementara itu, VSCO belum memberikan tanggapan resmi menyoal rumor akuisisi tersebut.

    Kedua perusahaan ini memiliki fokus layanan terhadap gambar digital dan pengeditan visual, serta tidak terlalu mengandalkan fitur jejaring sosial. Sebagai informasi, Pinterest telah menjadi perusahaan publik sejak tahun 2019 lalu.

    Pinterest memungkinkan pengguna menemukan dan menyimpan gambar yang dinilai sebagai inspirasi dalam pengerjaan ataupun perencanaan proyek kreatif. Sedangkan VSCO menawarkan aplikasi berkemampuan untuk mengedit dan berbagi gambar dan video selama 10 tahun terakhir.

    Sebelumnya, VSCO enggan menanggapi rumor yang beredar soal perusahaannya dan mengklaim bahwa pihaknya tengah terfokus pada perluasan bisnis. Pada peringatan 10 tahun, VSCO mengaku pihaknya lebih optimis soal peluang di masa depan, dan meningkatkan layanan guna memenuhi kebutuhan kreator konten.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id