Apple Minta Pemasok Salurkan Komponen iPhone SE (2020) ke India

    Lufthi Anggraeni - 19 Juni 2020 09:35 WIB
    Apple Minta Pemasok Salurkan Komponen iPhone SE (2020) ke India
    Apple meminta pemasok untuk mulai mengirimkan komponen iPhone SE 2020 ke India.
    Jakarta: Pada bulan Mei 2017, Apple mulai memproduksi generasi pertama dari iPhone SE di India. Hal ini membantu menyelesaikan sejumlah permasalahan, termasuk menurunkan harga ponsel hingga USD100 (Rp1,4 juta).

    Selain itu, dengan memproduksi model iPhone tertentu di India, Apple bekerja sama dengan program Perdana Menteri India bertajuk Make in India, yang dirancang untuk mempromosikan sejumlah industri di negara tersebut.

    Apple juga dilaporkan segera memproduksi model lain di India, termasuk iPhone 6s. Nantinya, Apple akan mulai memproduksi lebih banyak model dengan proses perakitan lebih rumit di India, termasuk iPhone XR.

    Mengutip Apple Insider, sumber menyebut bahwa Apple telah memberitahukan kepada setidaknya satu pemasok mitranya di Tiongkok untuk mulai mengirimkan komponen iPhone SE 2020 ke manufaktur kontraknya di India.

    Hal ini memungkinkan Apple merakit versi baru dari perangkat berharga terjangkau karyanya di India. Sejumlah perangkat yang Apple produksi di India juga telah dikapalkan ke luar India, dan pada bulan Mei lalu, pemerintah India menyebut berharap Apple akan memproduksi smartphone dengan nilai USD40 miliar (Rp568 triliun) di negaranya.

    Sebagian besar produk tersebut ditujukan untuk ekspor melalui sejumlah manufaktur kontrak seperti Wistron dan Foxconn yang mendapatkan keuntungan dari skema Production-Linked Incentive (PLI).

    Pada bulan Mei lalu, penghapusan klausa terkait PLI di India membuka peluang bahwa Apple akan memindahkan lebih banyak produksi iPhone di negara tersebut.

    Klausa ini bernilai pabrik dan mesin yang diimpor dari Korea Selatan dan Tiongkok dengan potongan harga sebesar 40 persen. Di bawah persyaratan dari klausa tersebut, peralatan yang akan Apple butuhkan untuk memindahkan sejumlah produksi dari Tiongkok ke India akan mendapatkan potongan harga.

    Hal ini memungkinkan Apple  memproduksi iPhone dalam jumlah lebih sedikit di India. Kini India telah menghapus klausa tersebut, sehingga Apple dapat memindahkan 20 persen dari produksi iPhone ke India dalam waktu lima tahun mendatang.

    Pada tahun 2019 lalu, iPhone dikabarkan akan dibebankan pajak di Amerika Serikat sebagai pajak impor produk dari Tiongkok, menimbulkan spekulasi bahwa Apple akan memindahkan produksi iPhone ke India.

    Sayangnya, fasilitas di negara tersebut tidak cukup besar bagi Apple untuk memproduksi seluruh unit iPhone yang diproduksinya di Tiongkok.

    Vietnam dikabarkan memiliki peluang besar untuk menjadi lokasi produksi, dan Apple memiliki peluang lebih baik dalam menyatukan rantai pemasok di Vietnam yang dapat memasok Apple dengan komponen dalam kualitas dan kuantitas sesuai kebutuhan.

    Hingga hal ini terjadi, India menjadi lokasi alternatif terbaik bagi Apple untuk memulai proses pemindahan produksi ke luar Tiongkok.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id