Menkominfo akan Lanjutkan Program Startup

    Lufthi Anggraeni - 28 Oktober 2019 18:15 WIB
    Menkominfo akan Lanjutkan Program Startup
    Menkominfo akan terfokus pada upaya mengembangkan startup.
    Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate mengaku baru akan menjalin komunikasi dan berdiskusi dengan pelaku usaha. Belum memiliki target secara spesifik, Menkominfo lebih akan terfokus pada upaya mengembangkan startup.

    "Yang realistis berapa, bagaimana itu kita bantu. Kita tidak ingin bangun startup, terus mati. Kita ingin bangun startup terus berkembang," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate.

    Diskusi dengan pelaku usaha menjadi salah satu wujud optimisme Johnny terhadap startup Indonesia yang masih memiliki potensi besar. Diskusi terkait investasi ini tidak hanya akan ditujukan menyoal jumlah, namun juga peluang komersialisasi startup.

    Menurut Johnny, startup harus menjangkau masyarakat termasuk petani, peternak dan nelayan, sehingga dapat saling berkesinambungan. Sektor produksi dan platform sebagai sektor distribusi juga disebut Johnny harus dapat dipertemukan melalui solusi yang dihadirkan oleh startup.

    Untuk mendukung startup, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan gencar dalam memperbanyak Sumber Daya Manusia (SDM) di ranah digital. Johnny berpendapat hingga tahun 2030, Indonesia masih kekurangan sembilan juta bakat digital, baik dari sisi jumlah maupun kualitas.

    Kemenkominfo menyebut akan menggencarkan upaya untuk meningkatkan pendidikan dan literasi guna memastikan anak bangsa berbekal kemampuan teknologi digital yang sesuai dan cukup untuk dapat bersaing dengan ranah internasional.

    Tidak hanya pembangunan, Johnny juga berharap dapat melakukan pemerataan terhadap sebaran kemunculan startup di seluruh wilayah Indonesia. Startup, jelas Johnny, juga ditargetkan untuk muncul dari wilayah lain, termasuk wilayah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (3T).

    Hingga saat ini, kemunculan dan pertumbuhan startup lebih terfokus pada wilayah besar di Indonesia seperti Jakarta dan Bandung. Dengan demikian, lanjut Johnny, pembangunan nasional tetap dapat diperoleh.

    Selain itu, Kemkominfo juga berencana untuk memiliki roadmap menuju 1000 startup baru, meski disebut Johnny harus ahli di bidang yang digelutinya. Johnny juga menargetkan dalam masa kerjanya, Indonesia dapat memiliki lebih banyak unicorn, decacorn serta sumber daya manusia berkualitas.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id