MAGHRIB 17:47

    Untuk Jakarta dan sekitarnya

    IMSAK 04:26
    SUBUH 04:36
    DZUHUR 11:53
    ASHAR 15:14
    ISYA 19:00

    Download Jadwal Imsakiyah

    Selamat Tinggal Inbox by Gmail

    Lufthi Anggraeni - 20 April 2019 12:41 WIB
    Selamat Tinggal Inbox by Gmail
    Sejumlah pengguna Inbox by Gmail menyebut aplikasi ini tidak lagi dapat digunakan.
    Jakarta: Pada awal bulan April ini, program Google Spring Cleaning menghentikan operasionalisasi sejumlah produk, salah satunya adalah Inbox by Google. Aplikasi ini secara teknis ditutup pada tanggal 2 April lalu.

    Solusi yang dihadirkan Google memungkinkannya tetap dapat digunakan setelah tanggal 2 April tersebut. Kini, solusi tersebut tidak lagi dapat berfungsi, meresmikan penghentian operasionalisasi Inbox.
    Situs 9to5Google menyebut dalam upayanya untuk mempertahankan aplikasi email ini, sejumlah pengguna Inbox mencoba trik dengan melakukan instalasi aplikasi versi lebih lama pada perangkat mereka.

    Karena belum mencantumkan pesan untuk beralih ke Gmail, aplikasi ini masih berfungsi setelah tanggal 2 April. Kini, aplikasi ini dilaporkan tidak lagi mengizinkan pengguna masuk ke akun mereka. Jika melakukan update pada aplikasi atau mengganti ponsel, pengguna tidak lagi dapat menemukan aplikasi Inbox untuk Android.

    Namun pada forum internet, sejumlah pengguna mengaku masih dapat mengakses akun mereka di aplikasi ini, meski dengan akses terbatas. Beberapa pengguna tersebut mengaku tidak memiliki permasalahan terkait akses, namun beberapa lainnya melaporkan notifikasi yang tertunda atau menghilang.

    Selain itu, sejumlah pengguna tersebut juga menyebut sinkronisasi pada aplikasi ini melambat. Sehingga dapat diperkirakan bahwa aplikasi ini hanya tinggal menunggu waktu untuk tidak lagi dapat berfungsi sepenuhnya.

    Tidak hanya aplikasi versi mobile, aplikasi versi desktop layanan ini juga tidak lagi dapat digunakan, meski Google dilaporkan membutuhkan waktu untuk menghentikan operasionalisasi versi cached dari aplikasi Inbox by Gmail ini.

    Sebelumnya, selain Inbox by Gmail, Google juga mengumumkan keputusannya untuk menutup tiga aplikasi lain karyanya, yaitu Google+, Allo, dan URL shortener mereka. Layanan pertama yang akan Google hentikan adalah Google Allo, yang berhenti beroperasi pada 12 Maret.

    Pada 30 Maret, Google juga akan menutup goo.gl. Layanan URL shorterner ini cukup populer sebagai pilihan alternatif dari bit.ly. Google mulai mempersiapkan proses penutupan layanan ini pada 2018 lalu. Mereka berhenti menerima pengguna baru per April tahun lalu.

    Layanan terakhir yang akan Google tutup adalah Google+, yang juga ditutup pada 2 April lalu. Jejaring sosial ini memang berhasil mendapatkan pengguna setia, tapi tidak cukup populer jika dibandingkan dengan media sosial lainnya.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id