Google Meet Tidak Batasi Waktu untuk Pengguna Gmail Gratis

    Lufthi Anggraeni - 30 September 2020 16:29 WIB
    Google Meet Tidak Batasi Waktu untuk Pengguna Gmail Gratis
    Google membatalkan penerapan batas waktu Meet hingga 60 menit besok, dan akan menerapkannya pada 2021.
    Jakarta: Google mencoba untuk menjadikan Meet sebagai kompetitor video konferensi tangguh dengan menambahkan serangkaian fitur baru dalam waktu singkat. Setelah menjadikan fitur premium menjadi gratis di awal pandemi, Google kini memperluas penawaran gratisnya.

    Mengutip 9to5Google, Google menghilangkan pembatasan panggilan Meet hingga tahun 2021 mendatang untuk akun Gmail.

    Pada awal bulan Maret lalu, Google menyebut fitur Hangouts Meet premium akan gratis untuk seluruh pelanggan G Suite alih-alih membatasi sejumlah kapabilitas untuk tingkatan berbayar lebih tinggi.

    Sebagai informasi fitur Hangouts Meet premium termasuk pertemuan dengan partisipan hingga 250 orang, streaming langsung internal, dan penyimpanan rekaman panggilan ke Drive.

    Satu bulan kemudian, saat Meet menjadi gratis untuk pengguna reguler dan terintegrasi dengan Gmail, Google menyebut bahwa pihaknya tidak akan memaksakan pembatasan waktu 60 menit hingga tanggal 30 September.

    Namun, Google tidak akan memperpanjang deadline ini secara lebih jauh. Satu hari sebelum kebijakan berubah, Google menyebut bahwa perusahaannya akan melanjutkan penawaran panggilan Meet tanpa batas waktu untuk pengguna Gmail versi gratis hingga tahun 2021 mendatang.

    Terdapat batasan teknis 24 jam yang seharusnya tidak dihadapi sebagian besar orang, tetapi merupakan perubahan haluan bagi Google yang ditujukan untuk menjadikan Meet sebagai penawaran kompetitif bagi pengguna reguler.

    Sebelumnya, kebijakan yang akan direncanakan akan diterapkan pada tanggal 1 Oktober tersebut diklaim akan membuat pengguna yang selama pandemi mengandalkan Google Meet versi gratis akan beralih ke layanan lain yang tetap gratis tapi bisa memberikan durasi video call atau konferensi video lebih dari 60 menit.

    Dan informasi lain yang sebelumnya beredar juga menyebut bahwa fitur lain di Google Meet yang bakal tidak bisa diakses lagi per tanggal 1 Oktober mendatang adalah fitur premium seperti kemampuan menggelar konferensi video hingga 250 peserta sekaligus.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id