Lawan Hoax, YouTube Sediakan Kolom Video Berita

    Cahyandaru Kuncorojati - 11 Juli 2018 10:15 WIB
    Lawan Hoax, YouTube Sediakan Kolom Video Berita
    Ilustrasi.
    Jakarta: YouTube dikabarkan sudah menyiapkan fitur baru yang akan digulirkan segera. Dikutip dari Tech Crunch bahwa fitur ini dihadirkan untuk memberikan edukasi sekaligus memerangi penyebaran hoax.

    Kabar yang sudah dikonfirmasi oleh YouTube lewat blog resminya ini menjelaskan bahwa dalam setiap pencarian video di YouTube serta video yang ditonton, akan tersedia sebuah kartu informasi yang berkaitan dengan momen atau suatu peristiwa tampil.
    Contohnya, apabila Anda melakukan pencarian video YouTube mengenai pendaratan manusia di bulan, akan muncul sebuah potongan artikel yang memberikan penjelasan mengenai momen atau peristiwa di dalam video tersebut.

    Lawan Hoax, YouTube Sediakan Kolom Video Berita

    Potongan artikel ini dijelaskan oleh Chief Product Officer YouTube Neal Mohan dan Chief Business Officer YouTube Robert Kuncl akan berasal dari informasi pihak ketiga yang oleh Google sudah digandeng untuk berkomitmen menyediakan informasi sebenarnya.

    Tidak hanya menampilkan potongan artikel, pengguna juga bisa mengklik potongan artikel tersebut untuk mengakses tautan ke penjelasan lebih lengkap.

    YouTube menyebutkan bahwa untuk pengembangan fitur dan kemitraan dengan lembaga jurnalistik atau media, mereka telah menggelontorkan dana sebesar USD25 juta (Rp359 miliar).

    Lawan Hoax, YouTube Sediakan Kolom Video Berita

    Tidak hanya potongan artikel, YouTube juga akan menyediakan baris atau kolom bernama Top News and Breaking News, berisi kumpulan video yang berasal dari media jurnalistik yang sudah dipercaya.

    Hal ini tentunya membuat YouTube juga berfungsi sebagai konten agregator berita dari berbagai sumber dalam bentuk video bagi pengguna internet, yang lebih menyukai berita dalam bentuk konten video.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id