Begini Pola Konsumsi Konten di Tahun 2021

    Cahyandaru Kuncorojati - 26 Maret 2021 11:51 WIB
    Begini Pola Konsumsi Konten di Tahun 2021
    Ilustrasi



    Jakarta: Platform content discovery Dable menerbitkan ‘Digital Media Landscape 2021’ yang menyajikan lanskap media online dan perilaku konsumsi konten.
     
    Lanskap media adalah publikasi kedua Dable yang disertai dengan infografis kelompok-kelompok media yang ada di Indonesia, berbagai kategori, dan daftar ‘Top 30 Media’ berdasarkan data dari Comscore, Alexa, dan Red Volcano (perusahaan analisis data global).

    Selain itu, perusahaan juga merilis perilaku konsumsi media dengan menganalisis data dari 200 partner media di Indonesia. Dable, yang berpusat di Korea Selatan, adalah startup teknologi yang merekomendasikan konten-konten yang dipersonalisasi, seperti “Content you may like’, diproses melalui teknologi big data yang real time.
     
    Dable merilis data perilaku konsumsi konten berdasarkan pada gender, usia, dan perangkat yang dimiliki pengguna 50,4 persen laki-laki dan 49,6 persen perempuan.






    Distribusi berdasarkan usia menunjukkan bahwa pengguna berusia 25 sampai 34 tahun berada di urutan teratas dalam hal tingkat konsumsi konten yaitu 35 persen, disusul oleh pengguna berusia 18 sampai 24 tahun dengan tingkat konsumsi konten 28,6 persen.

    Menariknya, secara khusus perempuan berusia 18 sampai 24 tahun dan 25 tahun sampai 34 tahun berada di ranking pertama dan kedua dalam hal konsumsi konten.
     
    Terkait perangkat yang digunakan, sebanyak 71,81 persen mengonsumsi konten secara mobile dan 26,64 persen melalui PC. Peramban (Browser) yang paling banyak digunakan adalah Google Chrome, baik di PC 75,75 persen dan mobile 95,70 persen.

    Juga, sistem operasi (OS) yang paling banyak digunakan adalah Windows 92,51 persen untuk PC dan Android 96,09 persen untuk mobile, keduanya berada di ranking pertama. 
     
    “Terjadinya pandemi secara luar biasa telah mengubah perilaku pengguna dalam mengonsumsi konten. Konsumsi konten secara online telah meningkat secara signifikan dan kebanyakan konten yang dikonsumsi oleh pengguna juga berubah. Dan ini semua menyajikan peluang baru bagi industri media,” kata Hoyoung Lee, General Manager di Dable.
     
    “Kami berharap, lanskap ini akan menolong para marketer digital untuk memahami transformasi di lanskap media serta perilaku mengonsumsi konten, serta merencanakan berbagai strategi untuk lingkungan new media. Dable akan terus menyediakan berbagai informasi yang bermanfaat di masa depan.”
     
    Dable mengklaim saat ini bermitra dengan lebih dari 2.500 media di Asia termasuk Indonesia, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Vietnam, dan Malaysia. Perusahaan ini merekomendasikan 5 miliar konten bagi 500 juta pengguna yang menghasilkan 100 juta klik setiap bulan melalui platform Dable.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id